Dark/Light Mode

Program TASPEN EMAS – TAPERA Siap Bantu ASN Miliki Rumah dan Tabungan Investasi Emas

Kamis, 2 Juni 2022 15:10 WIB
Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian (tengah) saat akan melaunching aplikasi e-Keuda di depan panggung Rakornas Keuda tahun 2022, didampingi Direktur Utama TASPEN, ANS Kosasih (ketiga kanan) dari Menteri Dalam Negeri dan Komisaris Utama PT TASPEN (kanan) Suhardi Alius (kedua kanan). (Foto: Humas TASPEN)
Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian (tengah) saat akan melaunching aplikasi e-Keuda di depan panggung Rakornas Keuda tahun 2022, didampingi Direktur Utama TASPEN, ANS Kosasih (ketiga kanan) dari Menteri Dalam Negeri dan Komisaris Utama PT TASPEN (kanan) Suhardi Alius (kedua kanan). (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) (Persero) berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi program dan layanan.

Komitmen ini diwujudkan melalui kerja sama TASPEN, dengan PT Gemilang Hartadinata Abadi dan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA).

Kerja sama ini diharapkan akan memudahkan peserta TASPEN, dalam mendapatkan tabungan sejahtera kepemilikan emas, yang tentunya akan memberikan imbal hasil yang menguntungkan di masa depan. Serta membantu menyediakan rumah, bagi dua juta Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia.

Penandatanganan Kerja Sama dilakukan Direktur Utama PT TASPEN (Persero) ANS Kosasih, Direktur Utama PT Gemilang Hartadinata Abadi Cuncun Muliawan dan Komisioner BP TAPERA Adi Setianto di Auditorium Kantor Pusat TASPEN, Jakarta Pusat, Selasa (31/5).

Direktur Utama TASPEN, ANS Kosasih mengatakan, suatu kehormatan bagi TASPEN untuk dapat menghadirkan inovasi program terbaru, guna meningkatkan kualitas pelayanan bagi ASN.

Baca juga : Dubes Jerman Ina Lepel Siap Bantu RI Buka Jutaan Lapangan Kerja

Sinergi antara TASPEN dengan PT Gemilang Hartadinata Abadi ini, menghasilkan lingkup kerja sama berupa tabungan sejahtera kepemilikan emas, yang tentunya akan memberikan imbal hasil yang menguntungkan untuk masa depan nantinya.

"Ke depan, kami akan terus berupaya meningkatkan kemudahan layanan untuk para peserta, melalui beragam program yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi terkini," kata Direktur Utama TASPEN, ANS Kosasih dalam keterangannya, Kamis (2/6).

 Secara khusus, kerja sama TASPEN dengan PT Gemilang Hartadinata Abadi menghadirkan program “TASPEN EMAS”.

TASPEN EMAS adalah “TAbungan Sejahtera kePEmilikaN EMAS”. Ini merupakan program kepemilikan logam mulia para Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif, atau peserta pensiun yang dikelola oleh TASPEN.

Pembayarannya dapat dicicil dengan angsuran potongan gaji tiap bulan, oleh mitra bayar yang ditunjuk TASPEN.

Baca juga : Program Sharp Class Didik Puluhan Siswa SMK Miliki Kompetensi Internasional

Hal ini diharapkan dapat mempermudah para peserta aktif dan pensiunan, untuk melakukan investasi pada logam mulia (LM) emas yang bersifat fleksibel. Serta dapat dijual setiap saat, dengan nilai investasi yang baik.

Selain itu, fisik emas yang dipesan oleh peserta, akan ada barangnya secara langsung. Tidak bersifat digital.

Hal ini juga membuat harga emas yang lebih kompetitif. Sebab, vendor LM berasal dari holding sendiri yakni PT Hartadinata Abadi (HRTA) dan produk LM itu sudah tersertifikasi London Bullion Market Association (LBMA) dan berstandar PT Antam.

Mengenai kerja sama TASPEN dan BP TAPERA, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemudahan para ASN aktif, dalam mengambil kredit rumah dengan masa cicilan yang relatif panjang. Bahkan, hingga masa pensiun.

Hal ini didasarkan atas kondisi setiap ASN dapat memiliki tabungan perumahan. Namun, tidak semua ASN eligible untuk mendapatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Baca juga : TASPEN Salurkan Bantuan Untuk Warga Kurang Mampu Dan Anak Yatim Piatu

"ASN kita cukup makmur. Mereka tidak bisa membeli FLPP.  Tapi, harga rumah di atas itu juga terlalu mahal bagi mereka. Karena itu, TASPEN bekerja sama dengan BP TAPERA, agar ASN dapat mengambil kredit untuk membeli rumah dengan angka cicilan per bulan yang cukup kecil," papar Kosasih. 

"Kreditnya itu commercially viable untuk bank maupun ASN, dan dapat diperpanjang hingga masa pensiun. Jika kreditnya dimulai pada umur 25, maka mereka bisa mencicil sampai umur 65,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.