Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemilih Maunya Pemimpin Dari Kaum Muda

Ketua Demokrat Sidoarjo Berpeluang Jadi Cawabup

Jumat, 29 Juli 2022 07:45 WIB
Ketua Partai Demokrat Sidoarjo Zahlul Yussar. (Foto: Istimewa)
Ketua Partai Demokrat Sidoarjo Zahlul Yussar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dianggap mewakili kalangan milenial, nama Ketua Partai Demokrat Sidoarjo Zahlul Yussar, populer di kalangan anak muda di Kabupaten Sidoarjo. Elektabilitasnya naik terus jelang Pemilu 2024.

Hal itu terlihat dari hasiltemuan Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) yang dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2022 terhadap 1.200 responden, menggunakan metode Multietage Random Sampling dengan margin error 2,8 persen.

“Saat ARCI lakukan rilis pada Mei 2022, elektabiltas Zahlul Yussar berada di nomor enam dengan persentase 4,3 persen. Tapi, pada rilis Juli 2022, Zahlul Yussar berada di nomor empat dengan elektabilitas 7,75 persen sebagai tokoh muda populer di Sidoarjo,” kata Direktur Operasional ARCI Mohamad Kholili.

Baca juga : Bahlil Kawal KS-Posco Perluas Investasi Baja

Kemudian, ketika ARCI menyodorkan ke responden terkait tokoh politik, tokoh muda, tokoh publik di Kabupaten Sidoarjo, nama Zahlul Yussar banyak disebut responden pemilih pemula.

“Responden kalangan milenial mengenal Zahlul sebagai tokoh muda dengan segala inovasi. Apalagi dia memanfaatkan media sosial dengan baik,” ujar Kholili.

Dalam hasil survei tersebut, kalangan milenial menginginkan pemimpin yang inovatif dan memiliki visi membangun.

Baca juga : Pasca Presiden Baru Dilantik, Demonstran Sri Lanka Ditangkapi

“Pemilih milenial atau kalanganmuda saat ini sudah melek politik. Mereka menginginkan pemimpin yang mempunyai inovasi. Itu yang mencerminkan mereka inginnya sosok muda menjadi pemimpin,” tuturnya.

Kholili memaparkan, tren naiknya elektabilitas Zahlul sebagai tokoh muda di Sidoarjo juga dibarengi naiknya elektabilitas Partai Demokrat Sidoarjo.

Tak hanya itu, jika tren elektabilitas Zahlul ini terus naik, Kholili pastikan, ada kemungkinan politisi muda Partai Demokrat ini dilirik menjadi calon wakil bupati (cawabup) pada Pilkada Kabupaten Sidoarjo
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.