Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pemilih Maunya Pemimpin Dari Kaum Muda

Ketua Demokrat Sidoarjo Berpeluang Jadi Cawabup

Jumat, 29 Juli 2022 07:45 WIB
Ketua Partai Demokrat Sidoarjo Zahlul Yussar. (Foto: Istimewa)
Ketua Partai Demokrat Sidoarjo Zahlul Yussar. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dianggap mewakili kalangan milenial, nama Ketua Partai Demokrat Sidoarjo Zahlul Yussar, populer di kalangan anak muda di Kabupaten Sidoarjo. Elektabilitasnya naik terus jelang Pemilu 2024.

Hal itu terlihat dari hasiltemuan Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) yang dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2022 terhadap 1.200 responden, menggunakan metode Multietage Random Sampling dengan margin error 2,8 persen.

“Saat ARCI lakukan rilis pada Mei 2022, elektabiltas Zahlul Yussar berada di nomor enam dengan persentase 4,3 persen. Tapi, pada rilis Juli 2022, Zahlul Yussar berada di nomor empat dengan elektabilitas 7,75 persen sebagai tokoh muda populer di Sidoarjo,” kata Direktur Operasional ARCI Mohamad Kholili.

Kemudian, ketika ARCI menyodorkan ke responden terkait tokoh politik, tokoh muda, tokoh publik di Kabupaten Sidoarjo, nama Zahlul Yussar banyak disebut responden pemilih pemula.

“Responden kalangan milenial mengenal Zahlul sebagai tokoh muda dengan segala inovasi. Apalagi dia memanfaatkan media sosial dengan baik,” ujar Kholili.

Berita Terkait : Pasca Presiden Baru Dilantik, Demonstran Sri Lanka Ditangkapi

Dalam hasil survei tersebut, kalangan milenial menginginkan pemimpin yang inovatif dan memiliki visi membangun.

“Pemilih milenial atau kalanganmuda saat ini sudah melek politik. Mereka menginginkan pemimpin yang mempunyai inovasi. Itu yang mencerminkan mereka inginnya sosok muda menjadi pemimpin,” tuturnya.

Kholili memaparkan, tren naiknya elektabilitas Zahlul sebagai tokoh muda di Sidoarjo juga dibarengi naiknya elektabilitas Partai Demokrat Sidoarjo.

Tak hanya itu, jika tren elektabilitas Zahlul ini terus naik, Kholili pastikan, ada kemungkinan politisi muda Partai Demokrat ini dilirik menjadi calon wakil bupati (cawabup) pada Pilkada Kabupaten Sidoarjo

 

mendatang.

Berita Terkait : Demokrat Kebelet Kawin

“Zahlul sangat berpeluang dilirik sebagai calon wakil bupati Sidoarjo,” tegasnya.

Zahlul Yussar mengamiini hasil survei yang dirilis ARCI, terkait peningkatan elektabilitas dirinya sebagai tokoh muda populer di Sidoarjo.

“Sebagai Ketua Partai Demokrat di Sidoarjo, saya hanya ingin membesarkan partai dan meningkatkan kursi Partai Demokrat di DPRD Sidoarjo,” katanya.

Menurut Zahlul, hasil survei dari ARCI menjadi acuan baginya dan Demokrat Sidoarjo, untuk terus bekerja membesarkan partai di Kota Delta ini.

Zahlul mengatakan, Partai Demokrat Sidoarjo saat ini banyak didominasi kalangan milenial. Pemilih pemula memang menjadi salah satu fokus partai untuk mendulang suara di Pemilu 2024.

Berita Terkait : Pengunduran Diri Rajapaksa Diterima, Rakyat Sri Lanka Bersuka Cita

“Salah satu fokus kami, pemilih pemula dan kalangan milenial di Sidoarjo serta memenangkan Mas AHY sebagai Presiden,” pungkasnya.

Berdasarkan hasil Survei ARCI terkait Elektabilitas Tokoh Muda Sidoarjo, Adam Rusydi berada di urutan pertama dengan 13 persen, disusul Dian Felani 11,75 persen, Samsul Hadi, 10,75 persen, Zahlul Yussar, 7,75 persen dan Rizza Ali Faizin, 5,25 persen.

Kemudian, Cahyo Harjo Prakoso dengan 4,25 persen, Abdul Mughis 3,5 persen, Adit Hananta Utama 3 persen, Ridho Prastyo, 1,75 persen dan tidak jawab/ tidak tahu 39 persen. ■