Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick: BUMN, Motor Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembuka Lapangan Kerja

Senin, 8 Agustus 2022 15:18 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, sebagai sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia, sudah seyogyanya BUMN jadi motor penggerak ekonomi dan pembuka lapangan kerja bagi masyarakat.

"Terlebih, di masa sulit akibat pandemi dan ketidakpastian perekonomian dunia yang terjadi saat ini," kata Erick, Senin (8/8).

Sebelumnya, pada Jumat (5/8), Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menyentuh angka 5,44 persen pada triwulan II 2022 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau year on year (yoy).

Angka pertumbuhan ini, tergolong sangat baik secara global. Serta menepis survei Bloomberg pada Juli lalu, yang memasukkan Indonesia sebagai salah satu dari 15 negara, yang terancam resesi pada tahun 2022.

Baca juga : Ini Peran Besar BUMN Di Balik Pertumbuhan Ekonomi Nasional 5,44 Persen

"Selama masa pandemi, BUMN tetap menjalankan proyek-proyek pembangunan yang menciptakan lapangan kerja di tengah pandemi Covid-19," ungkap Erick.

Beberapa di antaranya adalah, peningkatan kilang minyak atau refinery development master plan (RDMP) Balikpapan, yang diperkirakan menyerap 19 ribu tenaga kerja. Ada juga hilirisasi batubara atau pemrosesan batubara berkalori rendah menjadi Dimethyl Ether (DME), yang diperkirakan menyerap 10 ribu tenaga kerja.

Proyek smelter tembaga Freeport Gresik, menyerap hingga 40 ribu tenaga kerja. Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), telah mencatatkan penyerapan hingga 200 ribu tenaga kerja.

Sementara pembangunan KEK Mandalika, yang melibatkan InJourney selaku penyelenggaraan utama event Internasional MotoGP, mampu menyerap 4.500 tenaga kerja lokal. Masyarakat sekitar, juga tidak hanya menjadi penonton. Mereka juga turut terlibat sejak pembangunan, hingga penyelenggaraan event Internasional MotoGP dan World Superbike (WSBK).

Baca juga : PTDI-STTD Genjot SDM Perhubungan Darat Dengan Membuka Program Pasca Sarjana

Erick menyampaikan, BUMN juga terus meningkatkan akselerasi program ekonomi kerakyatan. Seperti membuka kesempatan berusaha, dan mendorong bisnis UMKM dengan pengembangan pelabuhan Benoa sebagai Bali Maritime Tourism Hub (BMTH).

Serta pengembangan Bakauheni Harbour City (HBC), yang dikonsep 100 persen untuk menyokong perekonomian lokal di kawasan sekitarnya.

"BUMN memastikan ketersediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di tengah pandemi. Antara lain, melalui program KUR dan PNM Mekaar yang membantu ekonomi kerakyatan," ucap Erick.

Program BUMN juga turut hadir menjadi penggerak ekonomi desa, yang berdampak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, terutama oleh pengusaha menengah dan pengusaha daerah.

Baca juga : Jadi Pendorong Pemulihan Ekonomi, Ini Tantangan IKM Mamin

Pertamina, misalnya. BUMN yang memiliki mandat untuk menyediakan BBM dan LPG ke seluruh pelosok negeri - termasuk di wilayah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar) - telah melaksanakan dua program. Yaitu Pertashop yang saat ini siap dan telah beroperasi mencapai 5.536 unit, dan BBM Satu Harga mencapai 348 titik yang tersebar di wilayah 3T di seluruh Indonesia.

PLN, melalui Program Listrik Masuk Desa, berhasil menyalurkan listrik. Sehingga, rasio desa berlistrik di Indonesia saat ini telah mencapai 99,7 persen.

"Proyek dan program BUMN yang hadir di tengah pandemi, mempunyai dampak positif dalam menjaga daya beli dan meningkatkan aktivitas belanja masyarakat. Hasilnya, konsumsi rumah tangga terus meningkat. Dari minus 5,52 persen yoy di Triwulan II 2020 menjadi 5,51 persen yoy di TW II 2022," beber Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.