Dark/Light Mode

Tekan Ancaman Siber, Kemenkop UKM Bentuk Tim Khusus

Selasa, 16 Agustus 2022 15:00 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) membentuk Tim Tanggap Insiden Siber bernama Computer Security Incident Response Team (CSIRT-Kemenkop UKM) dalam rangka memperkuat keamanan informasi siber dan mengantisipasi berbagai macam ancaman siber di Tanah Air.

Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkop UKM Luhur Pradjarto mengatakan, upaya tersebut sebagai salah satu upaya dan antisipasi dari dampak perkembangan teknologi saat ini. Di mana keamanan informasi siber merupakan salah satu unsur utama dan fondasi dalam menjaga keamanan dan keterhubungan seluruh sistem digital.

Ia menambahkan, hingga hari ini, Kemenkop UKM memiliki lebih dari 40 sistem aplikasi yang berjalan dan akan terus bertambah. Sehingga pembentukan CSIRT-Kemenkop UKM diharapkan mampu menjaga keamanan dan keberlangsungan sistem aplikasi tersebut dari berbagai bentuk ancaman siber.

Baca juga : Telkom Bentuk Tim Khusus Sosialisasi P3DN di 5 BUMN

“Semua jajaran di lingkup Kemenkop UKM harus peduli dan sadar terhadap keamanan siber, agar digitalisasi dalam mewujudkan good governance dan layanan publik agar dapat berhasil serta mampu memberikan kepuasan kepada para seluruh pemangku kepentingan,” jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (16/8).

Ia juga berterima kasih kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atas dipercayanya KemenKopUKM sebagai salah satu instansi pilihan dalam pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber Tahun 2022.

“Saya berharap koordinasi aktif antara BSSN dan KemenKopUKM dapat terus terjalin untuk pendampingan dan penyelesaian insiden-insiden siber yang terjadi, sehingga ancaman siber dapat ditanggulangi dengan cepat dan tepat,” ujar Luhur.

Baca juga : DKI Kembali Buka Tebet Eco Park Untuk Umum

Di kesempatan yang sama, Kepala BSSN yang diwakili oleh Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN Marcos menyampaikan apresiasi kepada Kemenkop UKM atas dilaunchingnya CSIRT-Kemenkop UKM sebagai CSIRT Organisasi.

Pihaknya berharap, CSIRT-Kemenkop UKM dapat berkolaborasi dengan seluruh stakeholder terutama dalam penanggulangan dan pemulihan insiden siber. Sehingga Indonesia dapat memiliki visibilitas yang menyeluruh terhadap aset siber untuk aksi respons dan pemulihan yang cepat.

“Seluruh server dan sistem elektronik KemenKopUKM perlu perlindungan dari aktivitas berbahaya melalui upaya preventif dan represif, salah satunya dengan pembentukan CSIRT-KemenKopUKM ini,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.