Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HUT Kemerdekaan RI, ASDP Gelar Upacara Di Atas Kapal

Rabu, 17 Agustus 2022 18:18 WIB
Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi saat membagikan snack pada para penumpang di Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak bertepatan dengan HUT RI ke-77, Rabu (17/8). (Foto: Istimewa)
Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi saat membagikan snack pada para penumpang di Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak bertepatan dengan HUT RI ke-77, Rabu (17/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) turut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Yang unik, mereka menggelar upacara di atas Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak, Rabu (17/8).

Tepat pukul 07.30 , suara sirene terdengar keras, menandakan kapal akan berlayar dari Pelabuhan Ajibata membelah perairan Danau Toba menuju Pelabuhan Ambarita. Upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI dimulai pukul 08.00 waktu setempat.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi memimpin acara. Suara mesin kapal tak mengurangi kekhidmatan acara. Terlebih, saat paduan suara menyanyikan lagu 17 Agustus 1945, seisi kapal terasa hanyut ikut menjiwai semangat para pahlawan.

Setelah upacara, Ira yang didampingi Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, Shelvi Arifin berbagi kebahagiaan dengan para penumpang. Sambil membagikan makanan ringan, Ira menyapa para penumpang, sekaligus menanyakan bagaimana pelayanan yang diberikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyeberangan ini.

Baca juga : Mendes PDTT Gelar Upacara Di Perbatasan NTT

"Ini mengingatkan kami, bahwa ASDP merupakan bagian dari sistem yang mendukung Pemerintah. Khususnya untuk pariwisata strategis nasional. ASDP sudah ada di Toba sejak 2018. Waktu itu kami hanya punya satu kapal," ujar Ira di Tobasa, Sumatera Utara, Rabu (12/8).

Ia lalu mengenang kejadian tragis Kapal Motor (KM) Sinar Bangun, yang kala itu kelebihan muatan lalu tenggelam. Sehingga menewaskan 3 orang dan 164 orang dinyatakan hilang.

Alhasil, Pemerintah merespons kejadian ini dengan membuat sebuah kapal dan menugaskan ASDP untuk mengelolanya. Saat ini, sudah ada tiga kapal yang dikelola ASDP.

Ira berharap, ASDP mampu mengintegrasikan pelabuhan dan pengelolaan kapal penyeberangan untuk mendukung transportasi menuju destinasi Danau Toba. Dengan memprioritaskan keamanan dan kenyamanan penumpang.

Baca juga : Teman Sandi Gelar Aksi Sosial Dan Aneka Lomba Di Kawasan Jaktim

Lebih lanjut Ira mengatakan, demand di Danau Toba sangat besar, terlebih di akhir pekan.

"Ini pertanda ekonomi berjalan dengan baik. Maka kami harus pastikan transportasinya aman dan nyaman. Sebab, dalam sebulan saja ada sekitar 7 ribu kendaraan yang menggunakan kapal ASDP," ungkapnya.

Selain memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI, ASDP Indonesia Ferry juga dinyatakan sebagai pengelola sah Pelabuhan Ajibata dan Ambarita.

Perseroan mengapresiasi Kerja Sama Pemanfaatan Operasional Barang Milik Negara (KSPO BMN) Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita melalui penandatanganan, yang telah dilakukan bersama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub), Senin (15/8).

Baca juga : KAI Iringi Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

Shelvy mengatakan, ASDP yang memiliki pengalaman mengelola pelabuhan penyeberangan akan mengelola Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita dengan baik. Apalagi Danau Toba telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas.

"Alhamdullilah, setelah melalui proses panjang ASDP kini menjadi mitra KSPO BMN yang terpilih,"ujar Shelvy.

KSPO BMN Pelabuhan Ajibata dan Ambarita merupakan skema bisnis baru, yang diharapkan dapat saling menguntungkan kedua belah pihak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.