Dark/Light Mode

Dukung Program Kampus Merdeka

APP Sinar Mas Kenalkan Industri Pulp Dan Kertas Berkelanjutan

Jumat, 19 Agustus 2022 15:34 WIB
Program magang APP Sinar Mas. (Foto: Ist)
Program magang APP Sinar Mas. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperkenalkan industri pulp dan kertas yang berkelanjutan melalui Program Kolaborasi Kepemimpinan kepada 44 mahasiswa peserta magang dari berbagai Universitas.

"Kami mendukung program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek ini, selain para mahasiswa mendapat pengalaman kerja secara langsung di lapangan, juga dapat mendalami industri pulp dan kertas yang berkelanjutan," ungkap Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata, Jumat (19/8).

Suhendra juga menambahkan, industri pulp dan kertas merupakan salah satu industri strategis nasional. Berdasarkan data dari Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) tahun 2020 dan 2021, saat ini Indonesia berada di peringkat 1 ASEAN, peringkat 3 untuk pulp dan peringkat 4 untuk kertas di tingkat Asia, serta peringkat 8 untuk pulp dan peringkat 6 untuk kertas ditingkat dunia dengan kontribusi 3,84 persen untuk GDP non migas.

Baca juga : Pesan Kemerdekaan AHY: Kita Songsong Masa Depan Indonesia Yang Lebih Baik

Program magang yang berlangsung dari tanggal 18 Agustus 2022 sampai dengan 23 Desember 2022 diharapkan dapat memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensi para peserta program khususnya di bidang pulp dan kertas.

"Kami berharap mahasiswa yang telah menyelesaikan program magangnya di APP Sinar Mas, dapat memiliki wawasan dan konsep yang luas bagaimana penerapan Industri yang berkelanjutan atau green industry," terang Suhendra. 

Salah satu peserta magang dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), jurusan Teknis Sistem dan Industri, Fitri A Simanjuntak mengaku sangat antusias mengikuti fase pertama kegiatan magang ini. "Dengan mengikuti kegiatan ini, saya berharap mendapat pengalaman bekerja secara profesional, dan mendapatkan culture positif perusahaan, selain bisa mengimplementasikan teori-teori yang diajarkan di kampus kedalam dunia kerja," ungkapnya.

Baca juga : Maknai Kemerdekaan, Ibas Ajak Bangsa Bersatu Dan Kolaborasi Hadapi Tantangan

Kesempatan Karir

Dalam program magang Kampus Merdeka ini, APP Sinar Mas akan menempatkan 44 mahasiswa di 13 posisi dengan total 17 project selama program. 44 mahasiswa tersebut merupakan yang terpilih dari 8.000 lebih pendaftar yang masuk dari 500 lebih Universitas.

"Para peserta magang akan terlibat langsung di dalam project, dan mereka akan mendapat pembinaan langsung dari para expert di bidang masing- masing,” ungkap Head HR Academy APP Sinar Mas, Norman Firmansyah.

Baca juga : Kunjungi Papua, Bahlil Pastikan Hilirisasi Di Freeport Berjalan

Norman menambahkan, melalui program Kampus Merdeka, para peserta memiliki kesempatan yang sama untuk dapat terpilih ke dalam beberapa program APP Sinar Mas, seperti Graduate Trainee Program, Management Trainee Program, maupun posisi lain yang tersedia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.