Dark/Light Mode

Antisipasi Kenaikan Harga BBM, SiCepat Sudah Siapkan Motor Listrik

Kamis, 25 Agustus 2022 21:08 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - SiCepat belum berencana menaikkan ongkos kirim para pelanggannya di tengah rencana kenaikan BBM. Sebab, perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi ini menyiapkan motor listrik sebagai inovasi mengantisipasi kenaikan harga BBM.

“SiCepat telah melakukan langkah efisiensi operasional melalui pengalihan kendaraan operasional motor bensin menjadi motor listrik secara bertahap,” kata Chief Executive Officer (CEO) SiCepat Ekspres The Kim Hai dalam keterangan persnya, Kamis (25/8).

Pemanfaatan electric vehicle (EV) ini merupakan langkah diversifikasi sumber energi oleh SiCepat Ekspres. Tujuannya, agar perusahaan tidak hanya bergantung pada sumber energi fosil dalam menjalankan kegiatan operasional.

Baca juga : Elemen Buruh Minta Pemerintah Peka

"Dari sisi operational cost, pemanfaatan EV ini telah membuat SiCepat mengalami penghematan bahan bakar hingga lebih dari Rp 9 miliar," ucapnya.

Dari data tersebut, diproyeksikan hingga akhir tahun 2022, operasional SiCepat dapat menghemat BBM dan biaya maintenance motor lebih dari Rp 71 miliar.

Dengan begitu, perusahaan dapat meminimalisir potensi dampak operasional dari wacana kenaikan harga BBM. SiCepat juga berusaha memudahkan kurirnya yaitu SiGesit, dalam melakukan pengiriman paket menggunakan EV.

Baca juga : Kenaikan Harga BBM Ada Ditangan Menkeu Sri Mulyani

SiCepat dalam kerja samanya dengan Volta juga menyediakan infrastruktur Sistem Ganti Baterai (SGB) di 181 titik yang tersebar di Jabodetabek, Semarang, dan Bali.

"Inisiatif ini sekaligus merupakan upaya pembangunan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi," katanya.

Dalam satu kali pengisian baterai, motor listrik Volta mampu menempuh jarak hingga 60 km. Lalu untuk mengisi ulang daya baterai, SiGesit hanya perlu menukarkan baterai yang sudah habis dengan baterai baru di mesin SGB.

Baca juga : Tingkatkan Perlindungan PMI, Pemerintah Optimalkan Program G to G

"Kami juga menyediakan mesin SGB yang juga berlokasi di gerai. Sehingga, kurir dapat dengan mudah mengakses SGB untuk penukaran baterai," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.