Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Karya Anak Bangsa, BMI Siap Genjot Produksi Motor Listrik

Sabtu, 13 Agustus 2022 09:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat menjajal motor listrik produksi BMI. (Foto : Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi saat menjajal motor listrik produksi BMI. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT BYXE Motor Indonesia (BMI) terus mematangkan kesiapan produksi motor listrik karya anak bangsa. Mulai dari BYXE, XADE, SERGAP dan Prototype Motor Patroli.

Motor listrik tersebut diharapkan segera diproduksi secara massal dan untuk digunakan masyarakat. Terlebih, mendorong penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan secara masif karena sudah lulus Sertifikasi Uji Tipe (SUT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kehadiran motor listrik besutan BMI ini diharapkan menjadi salah satu solusi adanya permasalahan lingkungan seperti pemanasan global, efek gas rumah kaca, dan emisi karbon, yang mengharuskan semua pihak melakukan upaya penanganan serius.

Baca juga : Lestari: Hadapi Krisis Pangan Dan Energi, Genjot Produktivitas Nasional

BYXE, XADE, dan SERGAP sudah mendapatkan apresiasi tinggi dan dukungan serta sertifikasi lulus uji dari SUT Kemenhub.

Sementara khusus SERGAP,  yang bersama Litbang Kementerian Pertahanan (Kemenhan) fokus dikembangkan menjadi motor berstandar militer. Dalam proses tersebut, kehadirannya mendapatkan sambutan positif dari banyak pihak terkait.

Misalnya saja wartawan senior di bidang otomotif, Amir Hamzah. Menurutnya, saat ini motor berkekuatan listrik memang harus dipasarkan karena kebutuhannya. Motor listrik menjadi solusi kendaraan yang digadang-gadang lebih hemat dibandingkan kendaraan yang sumber tenaganya dari minyak bumi (BBM).

Baca juga : Hari Ini, Bank Mantap Resmikan KCP Di Kantor Pusat Asabri

"Selain perawatannya mudah, juga bagus karena ramah lingkungan, tidak mengeluarkan emisi gas, suara mesin halus, pencemaran udara dari knalpot dan poin utamanya adalah karya anak bangsa. Untuk itu harus kita dukung," kata Amir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/8/2022).

Motor listrik, masih dikatakan Amir, mendapatkan energi dari baterai di sekitaran rumah atau kantor. Energi terbarukan akan menjadi pelopor transportasi tanpa limbah udara nantinya. Meski tampilan yang terkesan simpel, namun motor listrik memiliki kesan modern dengan nuansa desain futuristik.

"Apalagi ini sudah mendapatkan SUT. Tentu menjadi nilai lebih dari produsen yang benar-benar serius dalam menggarapnya. Akselerasinya juga tidak kalah dengan motor yang menggunakan BBM sehingga layak digunakan untuk kebutuhan harian atau militer dengan pengembangan berbeda atau disesuaikan," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.