Dark/Light Mode

Gaet KLHK Dan Komunitas Lingkungan, Shopee Tanam 1.500 Bibit Pohon Kopi Di Ciwaluh

Senin, 29 Agustus 2022 11:51 WIB
Foto: dok. Shopee
Foto: dok. Shopee

RM.id  Rakyat Merdeka - Shopee bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Komunitas Lingkungan Sangga Buana melakukan penanaman 1.500 bibit pohon kopi di Kampung Ciwaluh, Kaki Gunung Gede Pangrango, Bogor, Jawa Barat melalui program Shopee Tanam Hutan Indonesia.

Bibit pohon kopi ini merupakan hasil konversi dari hasil panen virtual permainan populer Shopee Tanam yang berlangsung pada 30 Juli hingga 5 Agustus 2022, yang merupakan gebrakan baru dalam aktivitas pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan teknologi digital.

Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya, selain mempertimbangkan aspek kelestarian alam, program Shopee Tanam Hutan Indonesia fase kedua ini bertujuan untuk memberikan kontribusi secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat lokal di Kampung Ciwaluh.

Baca juga : Ganjar Tanam 3.500 Bibit Mangrove Di Pantai Mangkang

Kampung Ciwaluh sendiri merupakan salah satu kampung terdalam yang terletak di kawasan kaki Gunung Gede Pangrango. Lokasi Kampung Ciwaluh berdampingan dengan aliran hulu Sungai Cisadane yang menjadikannya cocok untuk ditanami banyak komoditas tanaman produktif, salah satunya kopi.

Melalui penanaman 1.500 bibit pohon kopi yang merupakan jenis pohon produktif, diharapkan dapat membantu kesejahteraan warga lokal yang sebagian besar merupakan petani kopi.

Ade mengatakan, kegiatan Shopee Tanam Hutan Indonesia fase dua ini merupakan wujud komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukIndonesia.

Baca juga : Cucu Soekarno Dan Sungai Watch Bersihkan Sungai Di Bali

“Melalui kegiatan penanaman 1.500 bibit pohon kopi ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kampung Ciwaluh, serta berdampak positif juga bagi daerah yang dilewati aliran Sungai Cisadane,” ucapnya dalam keterangan resmi, Senin (29/8).

Selain itu, diharapkan warga lokal Kampung Cisadane yang mayoritas bekerja sebagai petani kopi dapat memanfaatkan hasil panen kopi ini kedepannya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Program ini sejalan dengan komitmen Shopee untuk mendukung program dari pemerintah, khususnya terkait percepatan tata kelola perhutanan yang berbasis ekologi, sosial, dan ekonomi,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.