Dark/Light Mode

Mitra Bukalapak Pamer Warung Digital Di Event Presidensi G20

Selasa, 30 Agustus 2022 12:19 WIB
Foto: Dok. Bukalapak
Foto: Dok. Bukalapak

RM.id  Rakyat Merdeka - Mitra Bukalapak, bersama dengan Industry Task Force (ITF) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berpartisipasi di Digital Transformation Expo (DTE) dalam kegiatan Indonesia’s G20 Presidency-4th Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting di Bali.

Mitra Bukalapak menampilkan salah satu warung yang sudah terdigitalisasi. Pemilik warung ini, Juragan Made, sudah menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan berbagai fitur dan layanan dari aplikasi Mitra Bukalapak, termasuk pembelian barang-barang stok warung, penjualan produk virtual dan layanan logistik.

Digital Transformation Expo (DTE) memperlihatkan perjalanan transformasi digital di Indonesia yang menitikberatkan pada pemulihan dan pertumbuhan ekonomi nasional paska pandemi melalui transformasi digital di sektor bisnis.

Baca juga : Mak Ganjar Jawa Barat Serukan Dukungan Ganjar Pranowo Presiden 2024

CEO Buka Mitra Indonesia Howard Gani mengatakan, sebagai perusahaan dalam negeri yang mengutamakan pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi, merupakan suatu kebanggaan bagi kami menjadi bagian dari Digital Transformation Expo.

“Kami juga senang karena Juragan Made dapat bercerita secara langsung kepada para pengunjung warungnya tentang perjalanannya dengan Mitra Bukalapak dan menggambarkan dampak yang kami ciptakan untuk UMKM melalui perjalanan kami,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/8).

Pihaknya berharap, akan ada lebih banyak perusahaan dan organisasi yang turut ambil bagian dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia secara bersama-sama dan berkontribusi untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga : EMUD Deklarasi Dukung Prabowo Presiden RI 2024

Diluncurkan pada 2017, Mitra Bukalapak menjadi pemain online-to-offline (o2o) pertama di Indonesia yang telah menciptakan dampak untuk lebih dari 14 juta warung dan pelaku UMKM lainnya yang tersebar di lebih dari 200 kota di Indonesia.

Komitmen Mitra Bukalapak untuk memberdayakan UMKM Indonesia melalui kapabilitas teknologi, yang sejalan dengan salah satu pilar G2O 2022 Presidency. Yaitu Transformasi Digital, membawa Mitra Bukalapak pada partisipasi di DTE.

Kegiatan ini terbuka bagi delegasi dari negara-negara G20 dan para peserta lainnya dari institusi pemerintah dan sektor swasta.

Baca juga : Pemerintah Diminta Tinjau Rencana Kenaikan Cukai

Juragan Made, pelaku UMKM lokal asal Bali, dahulu hanya menjual produk dan layanan dalam jumlah kecil. Setelah bergabung di Mitra Bukalapak, Juragan Made kini menjual beragam produk virtual, mulai dari pulsa, token listrik, hingga layanan-layanan seperti pembayaran tagihan air dan premi asuransi serta pengiriman barang.

Kini Juragan Made dapat menaikkan pendapatannya hingga 3x lipat. Cerita Juragan Made merupakan salah satu dari jutaan cerita sukses warung lainnya yang menggunakan Mitra Bukalapak dalam mengembangkan bisnis mereka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.