Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Go-Darling, Pertamina Patra Niaga Bersihkan DAS Citarum

Selasa, 30 Agustus 2022 15:56 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal BBM Cikampek Regional Jawa Bagian Barat menggandeng Yayasan Generasi Emas Karawang menggelar Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan (Go-Darling).

Kegiatan yang dilakukan adalah penghijauan dan pembersihan Daerah Aliran Sungai Citarum di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang.

Acara dihadiri oleh Pemerintahan Desa Pasirtanjung, Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), Babinsa, serta masyarakat sekitar diawali dengan penyampaian materi edukasi sadar lingkungan yang dilanjutkan dengan agenda lenghijauan dan Pembersihan di area DAS Sungai Citarum Wilayah Desa Pasir Tanjung. 

Baca juga : Gelar Soft Launching, Paramount Land Pamerin Klaster Gardenia

Dengan semangat kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang mengusung tema 'Pulih Bersama, Bangkit Lebih Cepat' diharapkan kegiatan Go-Darling ini dapat menciptakan gerakan kolektif masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungannya.

Go-Darling yang telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, bahkan khusus untuk kegiatan pembersihan sungai dilakukan rutin hampir setiap pekan menjadi bentuk adanya peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya.

Limbah eceng gondok yang dibersihkan dari sungai diolah menjadi salah satu bahan baku pembuatan kompos dan kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

Baca juga : Regrouping Dan Rebranding Anak Usaha, Perhutani Siap Bersaing Di Pasar Global

"Air irigasi yang bersumber dari Sungai Citarum berperan penting sebagai sumber pengairan areal pertanian, namun seringkali terhambat karena alirannya dipenuhi oleh sampah terutama eceng gondok yang berdampak terhadap tidak maksimalnya kebutuhan air bagi tanaman di areal pertanian," kata Masum, Ketua Gapoktan Desa Pasirtanjung, Selasa (30/8).

Sekretaris Desa Pasirtanjung Ratim mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi gerakan masyarakat sadar lingkungan kepada PT Pertamina Fuel Terminal Cikampek dan Yayasan Generasi Emas Karawang serta berbagai instansi yang terlibat.

Harapannya, kegiatan ini dapat konsisten dilakukan dan menjadi langkah dalam melestarikan lingkungan secara berkelanjutan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.