Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Garuda Daya Pratama Daftarkan 11 Merek Dagang Ke Kemenkumham 

Rabu, 31 Agustus 2022 23:37 WIB
Pegawai PT Garuda Daya Pratama Sejahtera. (Foto: Ist)
Pegawai PT Garuda Daya Pratama Sejahtera. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) telah tuntas meregistrasikan merek dagang di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum Dan HAM (Kemenkumham)

Total ada pendaftaran 11 kelas merek, di antaranya: Logo GDPS, Beyond Clean, Beyond Fresh, Beyond Sky, Beyond Secure dan Beyond Trusted.

GDPS mengapresiasi pentingnya inisiatif pengurusan pendaftaran merek dagang sebagai perusahaan nasional. Perlindungan merek dagang bersifat esensial bagi negara yang ingin berkembang pesat, karena memungkinkan entitas tersebut untuk diapresiasi otentisitasnya dan  menuai manfaat ekonomi yang optimal dari inovasinya.

Adapun seluruh proses pengurusan pendaftaran merek dagang tersebut telah dimulai GDPS pada Juni 2021 yang saat ini telah mendapat perlindungan secara Undang-Undang; dengan demikian, GDPS menjadi bagian dari peningkatan registrasi merek dagang pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) di tahun tersebut.

Baca juga : Bane Raja Manalu: Daftarkan Merek untuk Perlindungan Usaha

Sebelumnya, Direktorat  Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mengumumkan peningkatan pengajuan paten atau merek dagang pada tahun 2020-2021. Meskipun Indonesia dilanda pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir, terjadi lonjakan nyata dalam pendaftaran perlindungan paten atau merek dagang dari semua jenis.

Permohonan paten sederhana mengalami kenaikan dari hanya 2.311 pada tahun 2020 menjadi 3.263 di 2021. Sementara itu, permohonan paten atau merek dagang reguler meningkat dari 2.727 menjadi 2.833 pada periode yang sama. Sementara itu, jumlah permohonan paten internasional berdasarkan Patent Cooperation Treaty (PCT) juga meningkat signifikan dari 5.819 menjadi 6.371 pada tahun 2021.

Mohammad Arif Faisal selaku Direktur Utama dari PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) mengatakan, pendaftaran merek merupakan salah satu prioritas di GDPS, karena merek sebagai representasi identitas usaha dari produk yang ditawarkan.

“Pendaftaran merek dagang dapat memberikan perlindungan hukum kepada bisnis kami, dan mencegah orang lain menggunakan atau menyalahgunakannya. Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya bisnis kami, maka produk-produk GDPS dianggap perlu memiliki merek dagang,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Data dari Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia (ABADI).

Baca juga : BNI, Garuda, Dan Lion Ramai-ramai Tekan Harga Tiket Pesawat

Menurut dia, pendaftaran merek yang telah GDPS lakukan, tak hanya menunjukkan profesionalitas kepada para pemangku kepentingan namun juga mempertegas positioning bisnis GDPS di industri.

“Dengan pendaftaran merek ini, kami meyakini layanan GDPS semakin lebih dipercaya dan mendunia” ujar Mohamad Arif Faisal.

Merek-merek yang telah didaftarkan, yakni Beyond Clean. Ini adalah layanan komprehensif yang diberikan GDPS mulai dari disinfection & hygiene program, electrical & mechanical engineering, cleaning & waste management, sky cleaning, landscape management, civil engineering hingga hospitality dan transportation management yang terintegrasi melalui aplikasi dan sistem dashboard.

Lalu, Beyond Fresh. Ini adalah inovasi GDPS yang diadopsi dari teknologi pesawat terbang. Inovasi ini merupakan rekayasa aliran udara yang mampu memastikan 99,97 persen udara terbebas dari virus, bakteri, jamur hingga partikel atau polutan berbahaya lainnya.

Baca juga : Mendag Zulhas Pimpin Misi Dagang Ke India

Selanjutnya, Beyond Secure. Ini adalah solusi keamanan terintegrasi mulai dari penjagaan, konsultasi, manajemen pengunjung hingga sistem parkir yang didukung oleh teknologi.

Kemudian, Beyond Trusted. Ini adalah layanan berbasis aplikasi terintegrasi untuk mengelola aktivitas karyawan seperti rotasi karyawan, relokasi, penempatan, dan perjalanan bisnis dengan fitur utama dapat memberikan laporan aktivitas karyawan secara komprehensif serta memantau mobilitas karyawan secara real-time.

Terakhir, Beyond Sky. Sebagai bagian dari Garuda Indonesia Group, GDPS memiliki pengalaman dalam menciptakan solusi untuk industri penerbangan dengan standar kepatuhan dan keamanan yang tinggi mencakup  layanan pembersihan interior dan eksterior pesawat, pengecatan pesawat, engineering pesawat, proses khusus pesawat (NDT & Borescope), hingga ground handling.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.