Dark/Light Mode

Boyong Produk Local Champion Ke Belanda

Pertamina Dorong UMKM Go Global

Minggu, 4 September 2022 07:30 WIB
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (tengah) mengunjungi booth UMKM mitra binaan PT Pertamina (Persero) di Festival Tong Tong 2022 yang digelar di Kota Den Haag, Belanda. (ANTARA/HO-PT Pertamina).
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (tengah) mengunjungi booth UMKM mitra binaan PT Pertamina (Persero) di Festival Tong Tong 2022 yang digelar di Kota Den Haag, Belanda. (ANTARA/HO-PT Pertamina).

 Sebelumnya 
Produk UMKM yang terpilih merupakan local champion di pasar domestik. Tentunya memiliki cita rasa dan kualitas produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar global.

“175 jenis produk unggulan yang lolos kurasi ini terdiri dari fashion, makanan dan kerajinan,” rinci Fajriyah.

Untuk fashion, terdapat produk pakaian, sepatu dan tas ecoprint yang dicetak dari berbagai jenis tanaman dengan pewarnaan yang ramah lingkungan. Ini karya UMKM Iema dari Dumai dan UMKM Cetak Godhong dari Balikpapan.

Baca juga : Pertamina Boyong 175 Produk Terbaik UMKM Binaan Go Global

Kemudian, ada sejumlah produk dari kain tradisional Indonesia yang merupakan produk UMKM Tenun Khatulistiwa asal Pontianak, UMK Dela Tapis dari Lampung, UMKM Tenun Wan Atiqa dari Dumai. Serta UMKM Kayuh Baimbai Sasirangan dan UMKM Waroeng Disabilitas Sasirangan asal Banjarmasin, yang produknya merupakan karya 25 orang disabilitas tunawicara, tunadaksa, dan tunagrahita.

Sedangkan makanan terdiri dari produk berbahan singkong dan nanas dari UMKM Dapur Bunda Duri.

Produk mie sagu khas Kepulauan Meranti Riau dari UMKM Misagu Boejang, makanan berbahan pisang sehat tanpa gluten buatan UMKM De Harvest Jaya dari Sulawesi Utara. Dan produk jejamuan dari UMKM Bakul Jamu Euis asal Dumai.

Baca juga : Regrouping Dan Rebranding Anak Usaha, Perhutani Siap Bersaing Di Pasar Global

Untuk kerajinan terdapat berbagai produk seni olah kain, logam, batu alam, serta bahan alam lainnya yang merupakan karya UMKM Joglo Ayu Tenan dari Yogyakarta, UMKM Bahalap dari Kalimantan Timur dan UMKM Rezky Kreasi dari Dumai.

“Mengikutsertakan produk UMKM mitra binaan dalam pameran skala internasional di luar negeri, salah satu bentuk dukungan dari Pertamina. Agar produk-produk UMKM naik kelas menuju Go Global,” tandas Fajriyah.

Melengkapi kebutuhan akses pendanaan bagi para UMKM, lanjut Fajriyah, Pertamina memberikan dukungan lain berupa pendampingan, promosi, sertifikasi dan berbagai macam pelatihan.

Baca juga : Bangun House of Wellness, Kemenperin Dorong Kemandirian Industri Kesehatan

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.

Hal ini bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat dan menggerakkan perekonomian nasional. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.