Dark/Light Mode

Di Era Digital Pertumbuhan Industri e-Commerce Tumbuh Pesat Dan Cepat

Kamis, 15 September 2022 21:01 WIB
e-Commerce tumbuh pesat selama pandemi
e-Commerce tumbuh pesat selama pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - Di era digital aplikasi e-Commerce dalam promosi, penjualan hingga pengiriman barang dan jasa memudahkan membeli produk yang diinginkan 

Dengan memanfaatkan online shop dan lokapasar (marketplace), kini para penjual dan pembeli dapat bertransaksi dengan mudah dan cepat.

”Promosi melalui media digital dapat meningkatkan penjualan produk bila dilakukan dengan benar,” kata Ketua Umum Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Pitoyo, pada webinar ”Indonesia Makin Cakap Digital di wilayah Bali – Nusa Tenggara, seperti keterangan yang diterima RM.id Kamis (15/9).

Dalam diskusi virtual bertajuk ”Menjual Hasil Komuditas Ke Sabang Merauke Menggunakan Lokapasar” itu, Pitoyo berpendapat, penjualan produk meningkat apabila penjual memahami cara berpromosi di media digital (sosial), seperti pemanfaatan search engine optimation (SEO), discovery dan research.

”SEO berguna untuk menaikkan peringkat WEB selalu di puncak pencarian, discovery untuk mendapat info terbaru yang dibutuhkan oleh warganet, dan research untuk mengetahui keinginan pasar atau mengikuti tren,” jelas Pitoyo.

Baca juga : Lestari: Penguatan Sektor Budaya Butuh Perhatian Serius

Cara berikutnya, lanjut Pitoyo, yaitu terkait dengan product page experience. Dalam hal ini, pemilik produk harus mampu memainkan beranda produk, seperti halaman lebih interaktif dan komuniktif agar konsumen tertarik. Dengan begitu konsumen akan tertarik untuk membeli produk.

Kemudian, penjual juga memberi kemudahan kepada konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran dengan segala bentuknya. 

”Misal E-Wallet atau transfer, karena hal itu bisa meningkatkan penjualan. Apalagi, dunia kini sudah bergeser, banyak transaksi bersifat cashless,” tegas Pitoyo.

Kemudian cara terakhir, menurut Pitoyo, yakni hal-hal yang terkait dengan merchandising dan fulfillment, seperti stok barang, distribusi dan transportasi. 

”Selain itu juga memperhatikan ketepatan waktu kirim  agar memuaskan pelanggan,” ujarnya.

Baca juga : PowerCommerce Asia Pamerkan IT Solution Di Ajang NXC International Summit 2022

Pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Ana Mariani menambahkan, era digital data informasi cepat diperoleh, diakses dan disebarluaskan menggunakan media teknologi digital.

Menurut Ana, era digital juga dikenal sebagai era transformasi interaksi manusia, yakni mengubah interaksi manusia dari phisical space ke cyber space. 

”Salah satunya perubahan di bidang bisnis perdagangan atau E-Commerce,” cetusnya.

Ana menambahkan, kini masyarakat Indonesia telah banyak memanfaatkan E-Commerce untuk kepentingan berbelanja. 

”Selain simpel, E-Commerce juga fleksibel, dan berbelanja lebih mudah,” ucapnya.

Baca juga : Makin Intim Nih, PKS, NasDem Dan Demokrat

Pada kesempatan itu, Ana juga mengajak pengguna digital lebih serius lagi menggeluti dunia technopreneur. 

Menurutnya, pengembangan usaha dengan memanfaatkan pekembangan teknologi mutakhir ini memiliki sejumlah keuntungan. Di antaranya, tidak membutuhkan modal besar, tidak perlu kantor yang besar, berpotensi mendapatkan value besar, dan bisa dimulai dari rumah. 

”Banyak sekali produk yang sebelumnya tidak dikenal, namun dengan memanfatkan media sosial akhirnya terkenal dan banyak dicari orang,” tutup Ana.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.