Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Transaksi Digital Bank Muamalat Capai 90 Persen

Jumat, 23 September 2022 18:46 WIB
Foto: dok. Bank Mualamat
Foto: dok. Bank Mualamat

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama pandemi Covid-19, transaksi digital PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencapai 90 persen dari keseluruhan transaksi. Mayoritas transaksi tersebut dilakukan melalui aplikasi mobile banking Muamalat Digital Islamic Network (DIN).

Direktur Operasi Bank Muamalat Awaldi menyampailan telah terjadi pergeseran kebiasaan nasabah yang lebih aktif menggunakan layanan digital dan yang datang ke kantor cabang semakin berkurang.

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 menjadi katalis peralihan tersebut. Sebagai gambaran, sambung Awaldi, transaksi digital sebelum pandemi hanya sekitar 30 persen dari total transaksi.

Baca juga : Hadapi Transformasi Digital, Indonesia Butuh Banyak Talenta

Dengan adanya peningkatan menjadi 90 persen ini menunjukkan bahwa nasabah Bank Muamalat sudah lebih aktif dan nyaman bertransaksi menggunakan Muamalat DIN.

“Hal ini juga bagian dari strategi perusahaan untuk memacu peningkatan dana murah (Current Account & Saving Account/CASA),” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (23/9).

Ia merinci, selama masa pandemi sampai September 2022 Muamalat DIN telah memproses transaksi dengan nominal lebih dari Rp 46 triliun yang berasal dari 33 juta transaksi. Lebih dari 70 persen berupa transaksi transfer elektronis.

Baca juga : Bukit Podomoro Jakarta Tahap Pertama Terjual 90 Persen

“Sisanya adalah transaksi lain seperti pembelian pulsa dan top up uang elektronik. Sejak diluncurkan pada akhir 2019 lalu sebagian besar nasabah lama dan hampir semua nasabah baru sudah menjadi pengguna Muamalat DIN,” ujar Awaldi.

Aplikasi Muamalat DIN dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru seperti biometric login dan auto read One Time Password (OTP).

Muamalat DIN juga bisa digunakan oleh non nasabah Bank Muamalat karena terdapat fitur konten Islami seperti kalkulator zakat, jadwal salat dan arah kiblat.

Baca juga : Pemerintah Diminta Libatkan Konsumen Dalam Menyusun Regulasi Pertembakauan

Selain itu terdapat fitur pembayaran menggunakan QR Code yang terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.