Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puan Bawa DPR Bekerja Bantu Capai Pembangunan Berkelanjutan

Sabtu, 17 September 2022 17:19 WIB
Ketua DPR Puan Maharani/Ist
Ketua DPR Puan Maharani/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR dinilai membantu Pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Apalagi Puan Maharani sebagai Ketua DPR terus memimpin para wakil rakyat bekerja membantu mewujudkan SDGs yang saat ini tengah menjadi perhatian dan agenda dunia.

“DPR memiliki peran amat krusial dalam upaya dan langkah-langkah Indonesia menuju pembangunan berkelanjutan melalui fungsi legislasi, anggaran dan pengawasannya,” kata Expert Panel on ESG & Sustainable Development, National Center for Sustainability Reporting (NCSR) Indonesia, Stella Septania Farronikka, Jumat (16/9).

Dalam laporan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), diketahui kemajuan SDGs Indonesia paling signifikan ditunjukkan melalui pencapaian kesetaraan gender (SDGs nomor 5) dan pendidikan yang berkualitas (SDGs nomor 4).

Hasil penelitian ini menemukan nilai pendidikan berkualitas mengalami kemajuan progresif yakni mendapatkan point 46 persen, sementara kesetaraan gender di point 45 persen.

Menurut Stella, pencapaian dan kemajuan di point SDGs Indonesia ini tidak terlepas dari alokasi APBN untuk sektor pendidikan yang ditetapkan minimal 20 persen dan lahirnya berbagai legislasi yang pro kesetaraan gender beberapa tahun belakangan ini.

Salah satunya, DPR berhasil merealisasikan terbentuknya payung hukum bagi korban-korban kekerasan seksual lewat UU Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS).

Baca juga : Terima FPPI, Ketua MPR Dorong Peningkatan Pemberdayaan Perempuan

“Di bawah kepemimpinan Puan Maharani, DPR  bersama Pemerintah melahirkan UU TPKS yang sudah bertahun-tahun lamanya dinantikan oleh masyarakat,” katanya.

Stella lantas memuji Puan yang menegaskan UU TPKS merupakan hadiah bagi perempuan Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia. Sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia serius terhadap isu kesetaraan gender.

Termasuk lewat RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak yang diharapkan dapat segera terbit. Jelas komitmen perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR itu terhadap kesetaraan gender pun sudah bukan rahasia umum dan tidak perlu diragukan lagi.

Temuan INFID dirilis berdasarkan riset menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami situasi dengan cepat. Penelitian diawali dengan survei yang diisi oleh 66 responden perwakilan organisasi masyarakat sipil yahg dilakukan pada 15-27 Juli 2022.

Proses kedua, focus group discussion yang dihadiri perwakilan organisasi masyarakat sipil dilakukan pada 11 Agustus 2022. Selanjutnya, penelitian diakhiri dengan proses expert review pada 25 Agustus 2022.

Dari sisi fungsi pengawasan, kata Stella, DPR terus melakukan pengawasan terhadap program dan kebijakan Pemerintah terkait pencapaian SDGs.

Baca juga : Menhub Gandeng Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

“Seluruh 17 target SDGs dikawal baik oleh DPR. Saya bisa katakan ini karena sangat amat terlihat di 3 tahun terkahir ini agenda terkait SDGs sangat pesat perkembangannya di Indonesia,” jelasnya.

Saat ini, ekosistem legislasi dan regulasi pun dinilai terus mendorong korporasi, pelaku bisnis dan seluruh elemen masyarakat sipil untuk bergerak bersama-sama mewujudkan SDGs.

Dorong SDGs Di Forum Dunia

Tidak hanya di tingkat nasional, DPR juga terus mendorong agenda dan tujuan SGDs di berbagai forum dunia. Seperti belum lama ini pada Inter-Parliamentary Union (IPU) Meeting yang diadakan Maret 2022 di Bali, dan pada G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20), serta forum dunia lainnya.

“Pada forum global tersebut, Ketua DPR kita memimpin parlemen-parlemen dunia terus fokus dan gaspol ke arah SDGs secara menyeluruh tentunya,” ungkap Stella.

Stella memaparkan, di berbagai forum parlemen global, Puan juga konsisten mendorong langkah-langkah penting untuk isu perubahan iklim dan transisi menuju energi bersih. 

Baca juga : Harus Cari Solusi Atasi Pengangguran Global...

“Lewat forum-forum internasional itu, Puan terus menggelorakan semangat ‘no one left behind’ dalam pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Maksud ‘no one left behind’ ini bagaimana pembangunan ekonomi, pendidikan yang berkualitas, kesehatan, lingkungan yang lestari, pekerjaan yang layak, bebas dari kelaparan, kesetaraan dan keadilan gender, energi yang terjangkau, inovasi dan teknologi dan rasa damai harus bisa dinikmati oleh setiap orang di seluruh dunia. Tujuan dan cita-cita mulia ini dituangkan dalam 17 goals dan 169 target yang menjadi kompas seluruh negara di dunia.

Tak hanya itu, Puan juga selalu mengingatkan negara-negara dunia agar beraksi nyata merealisasikan konsep ekonomi hijau untuk menunjang SDGs. Berkali-kali, cucu Proklamator RI Bung Karno itu menyatakan dukungannya agar kebijakan dunia menerapkan strategi pembangunan hijau atau rendah karbon secara global dalam upaya mengurangi emisi.

Dia melihat, untuk isu climate change Puan tidak hanya lip service semata. Puan terus mendorong langkah DPR kita agar lebih peka dan peduli untuk mewujudkan low-carbon culture sebagai cara kerja baru, mulai dari paperless, zero plastic, serta pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Langkah-langkah kecil yang terus konsisten Ini patut diapresiasi.■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.