Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Literasi Digital

Kemenkominfo Bagikan Tips Pemasaran Di Medsos

Senin, 19 September 2022 11:43 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar webinar literasi digital dengan tema, Tips Digital: Pemasaran di Sosial Media.

Kegiatan kali ini diselenggarakan di wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya. Dalam acara itu ada 1.200 orang yang hadir dari berbagai kelompok masyarakat atau komunitas.

Materi disampaikan beberapa narasumber. Mulai dari Bayu Sutjiatmo, Ketua Program Studi Perdagangan Internasional Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta; Aji Kresno, Kepala Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta serta Fajria Fatmasari, Kepala Inkubator Bisnis dan Praktisi Literasi Digital.

Baca juga : Kemenag Siapkan Regulasi Cegah Kekerasan Anak Di Ponpes

Dalam webinar tersebut, Bayu Sutjiatmo membahas tips pemasaran di sosial media ditinjau dari perspektif cakap digital. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin cakap dalam melakukan pemasaran di dunia digital.

"Pertama, pahami kelebihan dan kekurangan sosial media platform yang digunakan. Kedua, ketahui tujuan melakukan pemasaran melalui sosial media agar kampanye pemasaran dapat berjalan efektif. Ketiga, ciptakan dan komunikasikan nilai kepada konsumen melalui konten," papar Bayu Sutjiatmo.

Sementara Fajria Fatmasari memperkaya pembahasan mengenai tips pemasaran di sosial media ditinjau dari perspektif etika digital.

Baca juga : Di Era Digital Pertumbuhan Industri e-Commerce Tumbuh Pesat Dan Cepat

Dia menjelaskan, dalam prakteknya pemasaran melalui media sosial adalah aktivitas membagikan informasi produk atau jasa yang bertujuan menarik target konsumen agar sadar, tertarik, hingga nantinya membeli produk atau jasa tersebut.

Dalam membuat dan membagikan informasi tersebut, kata dia, ada tata krama yang perlu dipahami yang disebut dengan netiket dan terbagi tiga bagian.

"Pertama, tidak melakukan plagiasi konten dan selalu mencantumkan sumber jika mengutip dari orang lain. Kedua, tidak membuat konten yang melanggar UU ITE seperti melanggar kesusilaan, penghinaan dan menyebarkan berita bohong. Terakhir, selalu menghargai hak dan privasi konsumen," jelas Fajria Fatmasari.

Baca juga : Eks Ditjen Keuda Kemendagri Dituntut 8 Tahun Penjara

Sedangkan Aji Kresno melengkapi pembahasan mengenai tips pemasaran di sosial media ditinjau dari perspektif keamanan digital.

Ada tiga hal, kata Aji, yang perlu diperhatikan agar aman bermedia digital. Pertama selalu cek validitas data pada website. Kedua, berikan watermark pada konten anda. "Terakhir, selalu perbarui password anda," ujarnya.

Dalam acara itu, penyelenggara juga membagikan E-sertifikat dan beragam hadiah menarik diberikan untuk para peserta webinar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.