Dark/Light Mode

Sepenuh Hati Layani Peserta

Top, Bos Taspen Dinobatkan Tokoh Transformasi Layanan

Minggu, 2 Oktober 2022 07:30 WIB
Direktur Utama PT Taspen (Persero) ANS Kosasih berfoto usai meraih Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih Dan Bangkit Sebagai Tokoh Transformasi Layanan Untuk Kesejahteraan Pensiunan, di Kempinski Hotel, Jakarta, Rabu malam (28/9). (Foto: Dok. RM).
Direktur Utama PT Taspen (Persero) ANS Kosasih berfoto usai meraih Rakyat Merdeka Award 2022 Untuk Indonesia Pulih Dan Bangkit Sebagai Tokoh Transformasi Layanan Untuk Kesejahteraan Pensiunan, di Kempinski Hotel, Jakarta, Rabu malam (28/9). (Foto: Dok. RM).

 Sebelumnya 
Taspen Pesona telah memberikan kemudahan akses layanan bagi ratusan ASN. Sementara Program Wirausaha Pintar telah terbukti dapat mendongkrak kesejahteraan ASN dan pensiunan ASN.

Dalam sambutannya, Kiki Iswara Darmayana mengatakan, tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award telah memberikan segala sumbangsih terbaik, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

Menurut Kiki, kontribusi dan kerja keras mereka membuat perekonomian Indonesia kembali baik, mampu bertahan dari situasi global yang berat.

Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan, makin diperhitungkan di kancah dunia.

Baca juga : Sambut HUT Ke-24, Bank Mandiri Percepat Transformasi Digital

Karena itu, Kiki memberikan ucapan selamat kepada Kosasih yang dinobatkan sebagai Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan.

Seperti diketahui, kata Kiki, di masa pandemi, sejumlah tokoh perbankan berupaya menciptakan program-program terbaik untuk menjaga kondisi ekonomi.

Sejumlah perusahaan perbankan dan teknologi turut menolong usaha rakyat melalui bantuan pendanaan, pelatihan digitalisasi, dan pemberian bimbingan sampai mandiri. Hal ini tidak tidak hanya dilakukan di perkotaan, juga hingga ke pelosok daerah.

“Itu semua telah dilakukan Taspen, sehingga Taspen layak meraih penghargaan ini,” ujar Kiki.

Baca juga : Dirut TASPEN Raih Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan Untuk Kesejahteraan Pensiunan

Selain Kosasih, ada 30 tokoh lainnya yang dianugerahi Rakyat Merdeka Award 2022. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari berbagai kategori: ekonomi, korporasi, kesehatan, infrastruktur, energi dan lingkungan hidup.

Selain itu, juga ada kategori politik, hukum, keamanan, teknologi, pangan, manufaktur dan otomotif.

Hingga September 2022, tercatat sebanyak 45.004 peserta Taspen yang sudah menggunakan layanan TASPEN Care untuk pengurusan seluruh layanan Taspen. Sebanyak 257.118 klaim peserta telah berhasil diselesaikan secara optimal melalui layanan e-Klaim.

Taspen juga telah melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 82.852 ASN yang sebagian cukup besar telah memulai bisnis Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

Baca juga : Royke Tumilaar, Tokoh Transformasi UMKM Go International

Selama masa pandemi, Taspen juga telah menerapkan layanan digital untuk memudahkan peserta, salah satunya dengan menghadirkan digital otentikasi. Layanan ini memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui ATM.

Selain itu, Taspen juga bermitra dengan banyak pihak untuk memudahkan pembayaran pensiunan. Baik di gerai belanja maupun di kantor pos yang ada di setiap kecamatan.

Dengan banyaknya mitra Taspen yang tersebar di 35 ribu titik di seluruh Indonesia, diharapkan permasalahan nasabah baik yang gaptek (gagap teknologi) pun bisa ditanganani. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.