Dark/Light Mode

Sambut HUT Ke-24, Bank Mandiri Percepat Transformasi Digital

Jumat, 30 September 2022 22:35 WIB
Bank Mandiri. (Foto: Ist)
Bank Mandiri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang perayaan Hari Ulang Tahun ke-24 yang jatuh pada 2 Oktober 2022, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kian mantap dalam mempercepat proses transformasi digital. Bank berlogo pita emas ini secara gencar dan konsisten menghadirkan layanan perbankan secara digital dari hulu ke hilir kepada nasabah dan masyarakat.

Direktur Information Technology Bank Mandiri, Tim Utama mengatakan, implementasi digitalisasi menjadi kunci perseroan untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi nasabah. Dalam era saat ini, transformasi digital sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama di tengah tren adopsi digitalisasi teknologi yang semakin pesat.

“Dengan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan nasabah, Bank Mandiri telah meluncurkan dua layanan digital yaitu Livin’ by Mandiri untuk ritel dan Kopra by Mandiri untuk wholesale,” jelas Tim dalam keterangan resmi, Jumat (30/9).

Hasilnya, dalam beberapa bulan terakhir, bank bersandi bursa BMRI ini telah menyematkan beragam fitur dan layanan digital untuk memanjakan nasabah. Livin’ by Mandiri telah dilengkapi dengan dua fitur anyar. Akhir Mei 2022 lalu, Bank Mandiri telah merilis fitur investasi bertajuk Livin’ Investasi.

Baca juga : Dirut PLN Terpilih Sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional

Tim mengatakan, fitur ini menawarkan kemudahan investasi bagi pengguna dengan lebih cepat dan aman. Bagaimana tidak, pengguna Livin’ by Mandiri dapat langsung membeli reksa dana secara praktis mulai dari Rp 100 ribu.

Nasabah juga dapat memantau portofolio yang dimiliki kapan saja dan di mana saja secara praktis di dalam satu aplikasi. Apalagi, instrumen investasi reksadana juga memiliki perlindungan khusus karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dua bulan kemudian, Bank Mandiri pada 22 Juli 2022 lalu juga meluncurkan fitur Livin’ Sukha. Hadirnya fitur ini lanjut Tim, memungkinkan nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi dan lifestyle dalam satu aplikasi, seperti transaksi pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, entertainment, pembelian voucher gim, pengajuan kredit, dan lain lain.

"Sejak awal, kenyamanan nasabah dalam bertransaksi telah menjadi prioritas utama Bank Mandiri. Kini, akselerasi digital Livin' by Mandiri telah berhasil menghimpun seluruh solusi transaksi finansial, hingga gaya hidup dalam satu aplikasi secara mudah, nyaman, dan aman," ungkapnya.

Baca juga : Darmawan Junaidi, Tokoh Transformasi Digital Banking

Lewat beragam kemudahan transaksi yang ditawarkan, Livin’ by Mandiri juga telah diunduh lebih dari 15 juta kali sejak diluncurkan pada Oktober 2021 lalu. Saat ini jumlah transaksi digital melalui Livin’ by Mandiri sudah naik 62 persen secara year on year (yoy) menembus 1 miliar transaksi pada periode Januari-Agustus 2022.

“Saat ini Livin’ by Mandiri telah mampu mengeksekusi hingga 50 ribu lebih transaksi per detik. Ke depan kami proyeksi transaksinya bisa menembus 100 ribu per detik,” sambungnya.

Kemudian, Bank Mandiri juga melanjutkan transformasi digital dengan menghadirkan 241 Smart Branch by Mandiri secara serentak di 89 kabupaten/kota dan 29 provinsi di Indonesia pada akhir Juli 2022.

Melalui fitur-fitur yang terintegrasi dengan kanal digital Livin’ dan Kopra, nasabah kini dapat merasakan pengalaman perbankan yang lengkap dan digital secara langsung. Smart Branch by Mandiri hadi dalam tiga tipe cabang yaitu Digital Box, Hybrid Branch, dan Upgrade Branch.

Baca juga : Basuki Hadimuljono, Tokoh Percepatan Pemerataan Infrastruktur

“Ketiga tipe ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial dengan lebih nyaman dan interaktif,” rinci Tim.

Dalam upaya semakin memperluas transformasi, Bank Mandiri juga terus memperluas jaringan ekosistem digital Kopra by Mandiri. Dilengkapi dengan fitur digital single access platform, Kopra by Mandiri mampu mempermudah aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi ekosistem pelaku usaha di segmen wholesale, secara end-to-end beserta value chain-nya dari hulu ke hilir.

Melalui Kopra by Mandiri, nasabah wholesale juga dapat mengakses digital portal eksisting seperti Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account serta Online Custody. Selain itu, Kopra by Mandiri juga terbagi menjadi tiga varian layanan yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host dan Kopra Partnership. Akselerasi digital yang konsisten tersebut juga berhasil meningkatkan rasio dana murah (CASA) Bank Mandiri menjadi sebesar 75,29 persen di delapan bulan pertama tahun ini.

“Kehadiran layanan digital ini secara spesifik didesain untuk melengkapi seluruh kebutuhan nasabah dari hulu ke hilir. Mulai dari nasabah ritel atau perorangan hingga wholesale,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.