Dark/Light Mode

Kebut Pemulihan Pariwisata Nasional, Bank Indonesia Siapkan 10 Jurus Jitu

Selasa, 4 Oktober 2022 14:24 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) mendorong pemulihan dan penguatan pariwisata nasional pasca pandemi Covid-19. Untuk itu, BI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) High Level Sekretariat Bersama Percepatan Pengembangan Sektor Pariwisata (Sekber Pariwisata) di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Dalam rapat tersebut, ada 10 langkah strategis yang dipersiapkan agar sektor pariwisata kembali menggeliat.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan, pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat strategis dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Karena, sektor tersebut sangat besar dalam menyumbang devisa dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian.

Baca juga : Genjot Produksi Bahan Baku Obat Nasional, Kimia Farma Bisa Tekan Impor Sampai 20 Persen

"Momentum pemulihan pariwisata terus berlangsung seiring dengan perkembangan pandemi Covid-19 yang membaik serta pelonggaran pembatasan mobilitas di berbagai negara, termasuk Indonesia," katanya dalam Rapat Koordinasi High Level Sekretariat Bersama Percepatan Pengembangan Sektor Pariwisata (Sekber Pariwisata).

Namun, kata Dody, tantangan perlambatan ekonomi global, risiko stagflasi, dan tingginya ketidakpastian perlu terus diwaspadai. Menurutnya, momentum pemulihan pariwisata perlu terus dioptimalkan.

Antara lain, melalui konsistensi kebijakan serta sinergi percepatan pemulihan dan pengembangan pariwisata baik yang menyasar wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) untuk mendukung penguatan transaksi berjalan dan memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

Baca juga : Warga Latvia Belajar Membatik

"BI berkomitmen penuh untuk terus bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah dalam upaya meningkatkan peran terkait pariwisata ekonomi kreatif, antara lain melalui penguatan advokasi dan kajian, pengembangan UMKM, serta digitalisasi sistem pembayaran pendukung pariwisata,” ujarnya.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo R.M. Manuhutu mengatakan, percepatan pemulihan sektor pariwisata perlu didukung oleh sinergi dan kerja sama lintas kementerian lembaga.

"Melalui Sekber Pariwisata, kolaborasi pemulihan sektor pariwisata diharapkan dapat lebih mudah dan sinergis. 10 kesepakatan dalam Rakor High Level adalah komitmen bersama untuk mempercepat pemulihan dan pariwisata nasional," tegasnya.

Baca juga : Amnesty International Indonesia Desak Pemerintah Bentuk TGPF

Odo menegaskan kembali arahan Presiden Jokowi untuk mengajak masyarakat berwisata di dalam negeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.