Dark/Light Mode

Industri Fashion Indonesia Diharapkan Terus Maju

Sabtu, 1 Oktober 2022 09:38 WIB
Fashion Producer Internasional Dina Fatimah (tengah). (Foto: Ist)
Fashion Producer Internasional Dina Fatimah (tengah). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dina Fatimah alias Eski perempuan asal Tangerang yang tinggal di New York, Amerika Serikat ini membawa kabar baik. Berkiprah sebagai Fashion Producer International, Eski jadi bagian ajang fashion bergengsi di dunia, New York Fashion Week (NYFW) yang diselenggarakan di kota Manhattan.

Sebagai salah satu pemerhati fashion, Eski memiliki misi ingin mempromosikan dan menjadikan Indonesia sebagai negara mainstream. Yang tidak hanya dikenal dari kekayaan alam atau tempat wisatanya saja, akan tetapi dari industri fashion dan musik Indonesia tidak kalah bagusnya.

"Saat tinggal di Indonesia, saya juga berkecimpung di dunia fashion, namun ketika di New York bagi semua terasa sangat berbeda dan harus memulai lagi dari nol. Saya harus menyesuaikan diri dan banyak belajar,” jelas Eski dalam keterangan tertulisnya kepada rm.id.

Setelah sekian lama berada di New York dan membangun networking, akhirnya Eski mendapatkan jalan untuk mewujudkan impiannya. Banyak fashion season telah dilaluinya.

Baca juga : Pegadaian Dukung KustomFest 2022

“Kali ini begitu spesial dengan come back-nya Fashion desainer dan brand Indonesia ke panggung NYFW The Shows, merupakan Panggung Resmi dari event fashion terbesar New York Fashion Week,” jelas dia lagi.

Dan untuk pertama kalinya, lanjut dia, group show Indonesia Now berada di panggung Spring Studio The gallery yang merupakan panggung untuk brand yang sudah sangat familiar di industri fashion. 

Eski mengundang desainer Vivi Zubedi, Kimberly Tandra, Alleira batik X Amero Jewellery, Coreta Louise yang merupakan desainer atau brand yang sebelumnya sudah pernah mengikuti ajang ini. Selain itu Eski juga mengundang brand modest Heaven Lights, juga Priyo Octaviano.

Dan yang menarik, untuk pertama kalinya Indonesia berada di program NYFW yaitu The Talk, dengan Tema “The New Faces of Indonesia Fashion” dengan pembicara Vivi Zubedi mewakili Modest Fashion bersama Pasoari.

Baca juga : AMI Ingatkan Indonesia Waspadai Bahaya Laten Komunis

Kemudian, untuk kali kedua ERIGO X menjadi bagian dari NYFW. Di kesempatan ini ERIGO X menampilkan 60 Koleksi yang sangat menarik khususnya untuk GenZ. ERIGO X juga mengajak beberapa celebrity Indonesia untuk berjalan di panggung NYFW.

Usaha Eski tak sampai di situ saja, untuk pertama kalinya ia bekerja sama dengan kedutaan Indonesia di Amerika mengadakan “Indonesia Fashion Night“. Tujuan dibuatnya acara ini untuk menampilkan kembali karya para desainer Indonesia yang telah tampil di NYFW.

“Acara ini dihadiri oleh para wakil duta besar dari berbagai manca negara yang berkomentar kagum terhadap karya anak bangsa,” kata dia lagi.

Ada INDOPOP Movement yang kembali meramaikan acara di Time Square, bekerja sama dengan Fitri Carlina acara tersebut sukses. Terdapat empat desainer yang dilibatkan seperti Jeny Tcahyawati, Hijab Sabine, Paula et Joe by Eni Joe, juga Sroja Scarf yang berhasil menyita perhatian public Time Square. Ditutup dengan konser band KJRI, Vicky Shu, Fitri Carlina dan D’Massive.

Baca juga : Kemendikbudristek: Indonesia Kuat Karena Keberagaman

Kiprah Eski di industri fashion tidak hanya di New York saja, tahun ini ia berhasil membawa satu brand modest asal Indonesia ke dalam kalendar London Fashion Week untuk pertama kalinya.

Semua kegiatan yang dilakukan Eski sebagai produser di musim semi ini berhasil dan terbukti yang media asing yang meliput acara tersebut. Dia berharap setiap acara fashion yang ia adakan khususnya di luar negeri mendapat pengakuan dari media mainstream manca negara.

"Saya percaya adalah konsistensi adalah kunci berpromosi. Dengan saya konsisten melakukan kegiatan tersebut, maka jalan akan semakin terbuka luas bagi Indonesia. Dan semoga cita-cita ekspor juga akan tercapai,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.