Dark/Light Mode

Kayan Hydro Energy Gandeng Sumitomo Bangun PLTA Di Kalimantan Utara

Kamis, 6 Oktober 2022 14:25 WIB
Penandatangan kerja sama antara PT Kayan Hydro Energy menggandeng Sumitomo Corporation untuk membangun PLTA di Kalimantan Utara. (Foto: Ist)
Penandatangan kerja sama antara PT Kayan Hydro Energy menggandeng Sumitomo Corporation untuk membangun PLTA di Kalimantan Utara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kayan Hydro Energy menggandeng perusahaan Jepang Sumitomo Corporation dalam  pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kalimantan Utara. Sumitomo berkomitmen kucurkan dana 17,8 miliar dolar AS.

Kerja sama tersebut diteken oleh Dirut PT Kayan Hydro Energy Andrew Sabastian Suryali dan Direktur PT Sumitomo Indonesia Kenicho Ishikawa di Jakarta, Kamis (6/10).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Dubes Jepang Kanasugi Kenji, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Head of Sumitomo Corporation Asia and Oceania Satoshi Matsui, Dirut PLN Damawan Prasojo, serta perwakilan dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

Baca juga : BNPT Gandeng Rumah Komunikasi Lintas Agama

Andrew mengatakan, investasi ini merupakan penjajakan pengembangan green industry di Kalimantan Utara dengan memanfaatkan energi dari PLTA yang akan dibangun. Ia mengatakan, Kayan Hydro Energy adalah pemrakarsa dan pengembang proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara, tepatnya di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan dengan kapasitas 9000 Megawatt yang terbagi dalam 5 bendungan. 

“Proyek ini sudah berjalan sejak 2011 dan sudah melengkapi semua perizinan yang diperlukan,” katanya.

Pada saat ini Kayan Hydro Energy sedang melakukan pembangunan infrastruktur awal bendungan. Diperkirakan pada tahun 2023 akan dilanjutkan untuk membangun infrastruktur pendukung bendungan dan bangunan pengelak (Diversion Channel) bendungan yang menjadi anak tangga pertama dalam tangga Cascade.

Baca juga : Rayakan Anniversary ke 9, OHM Bangun 9 Toilet di Tangerang

Menurut Andrew, listrik yang dihasilkan oleh proyek PLTA ini akan menyuplai kawasan industri hijau yang dikembangkan PT Indonesia Strategis Industri (ISI) dan kebutuhan listrik di Pulau Kalimantan pada umumnya. Dengan terbangunnya PLTA Kayan, kata Andrew, maka daya tarik kawasan industri hijau ini akan semakin kuat bagi seluruh kalangan industri yang peduli pada pengurangan emisi karbon.

Andrew mengungkapkan, pihak Sumitomo berencana untuk mempromosikan kawasan ini kepada perusahaan-perusahaan Jepang yang sekarang ini mempunyai komitmen yang solid untuk menggunakan energi listrik yang berasal dari sumber energi terbarukan.

Selain itu, kata di, dalam rangka mendukung program percepatan transisi energi dan peningkatan energi terbarukan di dalam bauran energi nasional, Kayan Hydro Energy dan Sumitomo Corp. juga akan menjajaki peluang sinergi untuk mendukung kebijakan nasional melalui inisiatif kerjasama dengan PLN untuk membantu percepatan pengurangan emisi karbon sesuai komitmen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.