Dark/Light Mode

Dorong Pemberdayaan Perempuan

Rinawati Prihatiningsih Sabet CEO Achievement Award 2022

Jumat, 7 Oktober 2022 15:11 WIB
Pendiri, pemilik yang juga Chief Operating Officer/COO PT Infinitie Berkah Energi, Rinawati Prihatiningsih saat menerima CEO Achievement Award and The Young Inspiration Award 2022 digelar di pelataran Candi Prambanan, belum lama ini. (Foto: Istimewa)
Pendiri, pemilik yang juga Chief Operating Officer/COO PT Infinitie Berkah Energi, Rinawati Prihatiningsih saat menerima CEO Achievement Award and The Young Inspiration Award 2022 digelar di pelataran Candi Prambanan, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri, pemilik yang juga Chief Operating Officer/COO PT Infinitie Berkah Energi, Rinawati Prihatiningsih, menjadi salah satu penerima penghargaan sebagai perempuan yang aktif memperjuangkan kesetaraan gender.

Rinawati dinilai fokus melakukan pemberdayaan ekonomi perempuan melalui partisipasi perempuan di dunia kerja dan dunia usaha. Anugerah itu diberikan saat malam penganugerahan CEO Achievement Award and The Young Inspiration Award 2022 digelar di pelataran Candi Prambanan, belum lama ini.

Rinawati mendapatkan penghargaan tersebut, karena dinilai banyak berkontribusi sebagai agen perubahan dalam memperjuangkan hak-hak keterwakilan ekonomi perempuan dan menyuarakannya dalam berbagai forum nasional dan global.

Rinawati yang juga aktif sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Litbang dan Ketenagakerjaan, DPP IWAPI, dan pengurus KADIN Indonesia, didapuk oleh pemerintah sebagai Co-Chair G20 EMPOWER dari awal dibentuk G20 EMPOWER dimulai dari G20 Presidensi Saudi Arabia 2020, G20 Presidensi Italia berlanjut di G20 Presidensi Indonesia 2022.

Baca juga : Kinerja Kinclong, BTN Pertahankan Pertumbuhan Laba Positif Per Agustus 2022

"G20 EMPOWER adalah satu-satunya di G20 yang merupakan aliansi menyatukan sektor swasta dan pemerintah untuk mencari solusi yang dapat ditindaklanjuti, serta untuk melacak dan mengukur kemajuan dalam memajukan pemberdayaan dan kepemimpinan ekonomi perempuan, sejalan dengan Brisbane Goal dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," tutur Rinawati.

Di bawah Kepresidenan Indonesia, G20 EMPOWER selain memperkuat kolaborasi sektor swasta dan pemerintah untuk mendukung para perempuan pelaku UMKM sebagai inti pemulihan ekonomi juga menyuarakan kepada Pimpinan G20.

Selain itu, mendorong aksi akselerasi pemberdayaan dan akses keterwakilan ekonomi perempuan untuk menutup kesenjangan gender dengan memperkuat akuntabilitas implementasi G20 Empower KPI, serta menyusun strategi membangun ketahanan digital dan ketrampilan masa depan bagi perempuan.

Dia berterima kasih kepada CEO Business Forum dan Yayasan Duta Indonesia Maju serta para Kurator atas penghargaan ini. Diakuinya, dia mendapatkan dukungan baik dari keluarga, maupun mitra kerja dan bisnis.

Baca juga : Ribuan Srikandi Di OKI Suarakan Ganjar Presiden 2024

"Penghargaan ini saya persembahkan untuk keluarga, mitra dan perempuan Indonesia agar terus maju, mengejar ketertinggalan, jadi agen perubahan yang mempunyai komitmen menempatkan kesetaraan gender, pemberdayaan ekonomi perempuan sebagai inti dalam upaya pemulihan inklusif dan pembangunan berkelanjutan," papar Rina.

Dikatakan, isu gender menjadi salah satu isu penting lintas sektoral sehingga isu gender tercakup pada seluruh tujuan dalam tujuan pembangunan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun global, secara khusus disebutkan dalam tujuan ke-5 dalam SDGs, Mencapai Kesetaraan Gender dan Memberdayakan Kaum Perempuan.

Sementara, penganugerahan yang digagas Yayasan Duta Indonesia Maju (YDIM) dan CEO Bussiness Forum Indonesia tersebut, digelar sebagai bagian dari apresiasi kepada para pimpinan perusahaan berkinerja terbaik, inovatif, menginspirasi dan mampu melewati krisis pandemi Covid-19.

Adapun para Kuratornya diantaranya adalah Prof. Wiendu Nuryanti, Prof. Rhenald Kasali, Don Bosco Selamun, Rima Agristina.

Baca juga : Ribuan Warga Desa Jambi Serukan Ganjar Presiden 2024

Jahja B. Soenarjo, Ketua Umum CEO Bussiness Forum Indonesia menuturkan, penerima CEO Achievement Award 2022 adalah mereka yang memiliki merek-merek mendunia, sekaligus menembus pasar global.

"Perusahaan yang mereka pimpin punya potensi menjadi perusahaan terbuka dan professional. Sedangkan penerima The Young Inspiration Award, adalah insan muda, generasi penerus bangsa, yang menginspirasi dan berdedikasi, bahkan sejak usia dini," ungkap Jahja.

Dia pun percaya, para CEO di ajang ini merupakan sosok-sosok terpilih yang sanggup menghadapi krisis, memiliki kredibilitas, dan jauh dari perilaku negatif seperti korupsi.

"Kita harus menjaga karakter yang baik dan berprestasi dalam bisnis," katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.