Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kriminolog: Percayakan Penuntasan Kasus Brigadir J Kepada Tim yang Dibentuk Kapolri

Senin, 18 Juli 2022 12:58 WIB
Irjen Ferdy Sambo. (Foto: Ist)
Irjen Ferdy Sambo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Kurnia Zakaria mengharapkan agar kasus adu tembak dua polisi di rumah dinas Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo bisa dituntaskan secepatnya tanpa ada pihak yang dirugikan.

Diingatkannya, agar opini liar tidak terus berkembang maka harus dipercayakan sepenuhnya kepada penyidik yang telah dibentuk Kapolri.

Berita Terkait : Polisi: Semuanya Luka Tembak

"Biarkan tim penyidik bekerja dan tim khusus yang dibentuk melakukan tugasnya. Mari percayakan kepada mereka dan menunggu hasilnya, apapun itu kelak bisa diterima semua pihak," kata Kurnia kepada wartawan, Senin (18/7).

Menurut Kurnia, langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit membentuk tim khusus yang independen adalah niat terbaik untuk menemukan fakta yang sebenarnya atas peristiwa adu tembak tersebut. 

Berita Terkait : Tahun Depan Formula E Jakarta Digelar Dua Hari

"Setuju dengan tim yang dibentuk itu yang mana melibatkan semua pihak, mulai dari Propam, Kompolnas maupun Komnas HAM, ini bertujuan agar ada titik terang dan menjawab keresahan masyarakat sekarang," jelas dia.

Selain itu, adanya tim bentukan Kapolri itu juga dapat mematahkan opini-opini liar publik di media sosial.

Berita Terkait : JK: Tjahjo Kumolo Selalu Baktikan Diri Kepada Bangsa Dan Negara

"Kasus ini memicu opini liar yang belum tentu benar sesuai dengan fakta sesungguhnya, maka dengan kesuksesan tim ini nanti, dapat menuntaskan itu semua dan apa lagi dalam kasus ini nama baik Polri dapat dipertaruhkan sebagai institusi penegak hukum, oleh karena banyak kejanggalan dan rumor liar opini publik itu," tutur Kurnia. 

Dia pun meminta penyidik bekerja cepat, profesional dan transparan.
 Selanjutnya