Dark/Light Mode

Bangga! Gitar Fender Luar Negeri Ternyata Buatan UMKM Lokal

Jumat, 7 Oktober 2022 16:55 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah berusaha menguatkan sinergi antara perusahaan besar dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Produknya tak hanya untuk dipasarkan di dalam negeri tapi hingga ke mancanegara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas. Untuk mencapai sinergi yang kuat maka Pemerintah sudah menyiapkan tahapan-tahapan bagi UMKM agar semakin berkelas.

"Pertama transformasi di berbagai lini termasuk dari informal ke formal," ujar Staf Ahli Menteri Bidang Produktivitas dan Daya Saing, Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya dalam diskusi virtual yang digelar Forum Merdeka Barat (FMB) 9, kemarin.

Baca juga : Airlangga Ajak Semua Negara Bersatu Hadapi Krisis Global

Transformasi dari informal ke formal merupakan strategi pendampingan dari Pemerintah untuk menaikkan derajat UMKM. Adanya transformasi tersebut maka usaha UMKM akan tercatat dan mampu mengembangkan usahanya lebih besar. Pemerintah siap untuk memfasilitasinya.

"Kami fasilitasi UMKM non formal naik kelas menjadi formal dengan memiliki legalitas," tegas Eddy.

Adanya legalitas diyakini bisa semakin mendorong terciptanya sinergi. Disayangkan jika sebuah usaha berskala UMKM yang sudah memiliki produk berkelas tapi usahanya belum memiliki legalitas.

Baca juga : "Blandongan Kota" Jadi Karya Terbaik Di Sayembara Desain Kawasan Bundaran Maruga Tangsel

Eddy membeberkan, UMKM yang sudah memiliki legalitas dari produknya yang berupa kerajinan tangan dan furniture kini sudah sangat terkenal di luar negeri. Bahkan di Colorado, Amerika Serikat ada sekitar dua atau tiga gudang seluas lapangan bola menjadi semacam gudang untuk furniture RI.

"Furniture buatan Indonesia itu akan disebar ke berbagai negara di Eropa," tuturnya. Produk Indonesia lainnya yang terkenal di luar negeri saat ini masih dominan makanan dan produk herbal.

Namun belakangan, lanjut Eddy, ada yang istimewa. Yaitu produk alat musik gitar, ukulele dan lain sebagainya yang dikemas sangat menarik.

Baca juga : Dokter Indonesia Bisa Obati Enembe

"Memang banyak sekali UMKM yang memiliki kualitas sangat baik. Ini mengingatkan bahwa produk-produk buatan Indonesia juga memiliki kualitas global," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.