Dark/Light Mode

FLOII Convex 2022

Dibuka Dengan Harga Di Atas Rp 100 Juta, Inilah Tanaman Unik Nan Langka

Sabtu, 15 Oktober 2022 19:52 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kanan) mengunjungi ajang Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022, di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (15/10). (Foto: FLOII)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kanan) mengunjungi ajang Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022, di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (15/10). (Foto: FLOII)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak hanya pameran dan konvensi, ajang Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022, di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, juga diramaikan dengan lelang tanaman hias langka nan unik, Sabtu (15/10). Salah satunya jenis keluarga Anthurium milik Arif dengan harga penawaran Rp 135 juta.

Tanaman yang harganya menyamai harga mobil itu merupakan hasil persilangan dari Anthurium clarinervium dengan Forgetii yang sudah berusia 10 tahun. Ada tanaman unik lainnya yang dibuka dengan harga penawaran Rp 120 juta.

Tak hanya yang harganya ratusan juta rupiah, dalam ajang FLOII Convex 2022 ini juga menampilkan pelelangan tanaman dengan harga ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Misalnya, salah satu tanaman yang merupakan cycad dari Afrika Selatan yang sebelumnya sempat dianggap punah di alam. Tanaman unik ini dilelang di harga pembuka Rp 70 juta.

Selain pameran, FLOII Convex 2022 juga diisi dengan kontes tanaman hias yang dihadiri Guest Judge Kunzo Nishihata dari Jepang dan Irene Chen, salah seorang YouTuber Plant & Garden dari Malaysia. Menurut Kunzo, sebagai penghobi, dirinya kerap mengunjungi sejumlah negara, termasuk Indonesia, untuk memburu tanaman hias yang unik nan langka, semisal White Monster.

Baca juga : Bolehkan Tarawih Di Metaverse, Ini Tanggapan Pakar Komunikasi Unair

“Saya senang, kalau banyak petani Indonesia yang terbantukan selama ini. Motivasi saya dalam memburu tanaman berdasarkan kesukaannya terhadap suatu tanaman serta bisa hidup berdampingan bersama tanaman hias,” tuturnya.

Dikunjungi Menteri Koperasi dan UKM
Dalam kunjungannya ke lokasi pameran di hari kedua, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan, perkembangan industri tanaman hias belakangan ini sudah cukup menggairahkan, baik di pasar domestik maupun pasar global. Namun, perlu waktu dan dukungan berbagai pihak dalam membangun ekosistem sehingga ke depan pengusaha asal Indonesia bisa meningkatkan daya saingnya. Salah satunya, kehadiran platform digital untuk mengakselerasi koneksi antara petani dengan pembelinya.

"Acaranya keren banget. Saya rasa dari kurasinya bagus. Saya melihat dalam FLOII Convex 2022 ini banyak varietas baru hasil silangan-silangan yang menurut saya luar biasa. Bahkan, saya bisa mengatakan kita sudah di atas Thailand dan tinggal bagaimana cara komersialisasinya. Kita harus leading, baik dari segi volume, maupun varietasnya. Tanaman hias ini yang paling banyak membuka peluang bagi usaha keluarga ataupun perorangan, dan butuh agregatornya misalnya untuk mendorong masuk ke dalam negeri maupun ke luar,” ujar Teten.

Dalam kunjungan itu, Teten sempat singgah di salah satu booth pameran yang memamerkan tanaman dari famili Anthurium. Selain itu, Teten juga mengapresiasi penyelenggaraan kontes tanaman yang bisa memperkaya wawasan khalayak mengenai ragam tanaman hias di Indonesia. “Saya hobiis (tanaman hias). Tapi sudah lama vakum, sekitar 10 tahun, karena ngurus politik,” ujar Teten sambil berkelakar.

Baca juga : BI Siapkan Uang Tunai Rp 175,26 T Buat Kebutuhan Ramadan Dan Lebaran

Tren di Kalangan Anak Muda
Akira Ongki Pradana, Owner Mitra Andharu Agrica, di pameran tersebut, mengatakan, pihaknya menjual sejumlah tanaman hias dari varietas keluarga karnivorus. Harga tanaman tersebut dipasarkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah dan dipasarkan untuk permintaan dalam negeri. Salah satunya, varietas Sarasenia yang dibanderol Rp 2 juta dengan ukuran sekitar tinggi 20 centimeter.

Tanaman keluarga karnivorus (carnivorous plants atau pemakan serangga) saat ini sedang digemari kalangan anak muda. Tanaman ini termasuk tanaman berbunga yang memangsa hewan untuk mendapatkan nutrisi dari tubuhnya. Jenis hewan yang dimangsa, antara lain serangga, laba-laba, atau dari golongan Crustacea. Tanaman karnivora melakukan trik ini menggunakan daun khusus yang berfungsi sebagai perangkap.

Selain tanaman karnivora masih banyak lagi tanaman hias yang unik dan menarik lengkap ada di FLOII Convex 2022, mulai dari kaktus, adroid, philodendron, aglonema, dan masih banyak lagi. Selama penyelenggaraan, FLOII Convex 2022 yang bertempat di Hall A JCC ini dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Tak hanya pameran, pengunjung juga bisa mengikuti konferensi, kontes tanaman, kontes fotografi, hingga kegiatan sosial. Tentu saja ajang ini sekaligus mempertemukan pembeli dengan penjual tanaman hias secara langsung.

Pengunjung yang hadir juga berkesempatan mendapatkan banyak hadiah dengan mengikuti kontes sosial media dan undian tiket. Pengunjung yang hadir dapat mengikuti Kontes Plant Photo dengan membuat konten tanaman yang ada pada kegiatan exhibition FLOII. Pemenang dengan jumlah like terbanyak bisa mendapatkan hadiah uang tunai. Undian juga dilakukan kepada pemenang yang beruntung yang bisa mendapatkan tanaman hias dari FLOII.

Baca juga : KAI Salurkan Bantuan Senilai Rp 100 Juta Buat Korban Gempa Di Pasaman Barat

Untuk tiket masuk, pengunjung bisa memperolehnya melalui platform PosPay atau melalui website floii-convex.com. Pengunjung dapat membeli tiket seharga Rp 20.000.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.