Dark/Light Mode

Raih RM Award

Ririek Bertekad Terus Geber Kinerja Telkom

Senin, 17 Oktober 2022 07:30 WIB
Direktur Utama PT Telkom Indonesia Ririek Adriansyah (tengah) foto bersama Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana (kiri) dan Wakil Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka Kartika Sari, usai menerima Rakyat Merdeka Award, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (28/9) malam. (Foto: Patrarizki Syahputra/RM).
Direktur Utama PT Telkom Indonesia Ririek Adriansyah (tengah) foto bersama Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana (kiri) dan Wakil Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka Kartika Sari, usai menerima Rakyat Merdeka Award, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (28/9) malam. (Foto: Patrarizki Syahputra/RM).

 Sebelumnya 
Dalam perhelatan tersebut total ada 31 tokoh yang meraih penghargaan. Yang terdiri dari 8 menteri dan puluhan bos BUMN serta dua perusahaan swasta.

Kiki Iswara mengatakan, para tokoh yang meraih Anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 telah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

Untuk diketahui, di tangan Ririek, Telkom berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 72,0 triliun di semester I-2022. Atau tumbuh 3,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Telkom juga mencatat EBITDA (Earning Before Interest Tax, Depreciation and Amortization) dan laba bersih masing-masing Rp 39,4 triliun dan Rp 13,3 triliun.

Baca juga : Totalitas Sunarso Berdayakan UMKM Berbuah Penghargaan

Baik EBITDA maupun laba bersih tumbuh positif masing-masing sebesar 4,5 persen dan 6,9 persen secara tahunan (year on year/yoy).

IndiHome dan Telkomsel Digital Business terus menjadi mesin pertumbuhan Telkom, dengan pencapaian masing-masing sebesar Rp 13,8 triliun atau tumbuh 7,4 persen secara tahunan dan Rp 35,1 triliun atau tumbuh 5,2 persen secara tahunan.

Kinerja cemerlang Telkom Indonesia juga terlihat dari sisi operasional. Telkom terus mengembangkan infrastruktur, platform, maupun layanan digital, untuk mendukung berbagai aktivitas di setiap segmen dan lapisan masyarakat.

Sepanjang 171.654 kilometer (km) serat optik milik Telkom terbentang. Dengan jaringan akses yang menjangkau hingga 499 Ibukota Kabupaten Kota (IKK).

Baca juga : Raih Penghargaan Dari KASN, Menteri Siti: Terus Dijaga Secara Konsisten

Infrastruktur ini didukung pula oleh dua satelit yang memiliki 109 transponder, 255.107 Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel, dan 36.787 menara telekomunikasi.

Selain itu, Telkom juga memiliki platform digital seperti 27 fasilitas pusat data, di antaranya 22 domestik dan 5 luar negeri.

Berbagai platform dan layanan digital dengan teknologi terdepan mendukung langkah transformasi Telkom, menjadi perusahaan telekomunikasi digital terkemuka.

Melihat potensi pasar dan peluang ke depan, bisnis Telkom tetap menjanjikan. Pertumbuhan industri bisnis digital life and smart platform, enterprise ICT (Information and Communication Technology), dan layanan broadband pada 2021-2025 mencapai persentase di atas 10 persen.

Baca juga : Raih Rakyat Merdeka Award, Retno Persembahkan Pada Masyarakat Indonesia

Untuk itu, Telkom terus fokus pada tiga pilar utama bisnisnya yakni, mengukuhkan digital connectivity untuk maksimalisasi arus kas perusahaan, investasi pada digital platform, dan pengembangan kapabilitas bisnis. Serta selektif dalam investasi di digital services untuk menangkap peluang bisnis dan value creation. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.