Dark/Light Mode

Raih Penghargaan Dari KASN, Menteri Siti: Terus Dijaga Secara Konsisten

Kamis, 6 Oktober 2022 17:28 WIB
Mewakili Menteri LHK, Sekretaris Jenderal, Bambang Hendroyono, menerima anugerah secara langsung dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai sistem merit ASN kategori baik di Yogyakarta, Kamis (6/10).
Mewakili Menteri LHK, Sekretaris Jenderal, Bambang Hendroyono, menerima anugerah secara langsung dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai sistem merit ASN kategori baik di Yogyakarta, Kamis (6/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian yang dipimpin Siti Nurbaya meraih penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai sistem merit ASN kategori baik. Penghargaan tersebut, diberikan sebagai apresiasi dan dukungan terhadap instansi Pemerintah dalam pelaksanaan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Menanggapi itu, Menteri LHK, Siti Nurbaya mengapresiasi penghargaan yang diterima jajarannya dari KASN. Di mana KLHK dinobatkan sebagai manajemen ASN baik dengan nilai 88.30 di acara Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) di Yogyakarta.

“Terima kasih kerja keras seluruh jajaran KLHK atas penghargaan dari Komisi ASN. Terus kita jaga dengan kerja yang konsisten dan kontinyu atau berkesinambungan. Bismillah,” pesan Siti kepada jajaran KLHK, Kamis (6/10).

Baca juga : PGE Raih 3 Penghargaan Dharma Karya Muda dari Kementerian ESDM

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mengungkapkan, rasa syukur atas pencapaian tersebut. 

“Alhamdulillah, manajamen kepegawaian KLHK terkait promosi, mutasi dan pengisian jabatan tinggi sudah sesuai dengan standar yang ada,” terang Bambang.

“Seleksi untuk pengisian jabatan tinggi kita lakukan secara terbuka atau open bidding dan transparan yang melibatkan panitia seleksi yang terdiri dari para ahli. Maka dari itu, hasilnya pun dapat dilihat bahwa yang menduduki posisi tinggi di KLHK adalah mereka yang profesional di bidangnya,” tambah Bambang.

Baca juga : Menpora Raih Penghargaan Satya Khusus Dari Pemuda Pancasila

Di tempat sama, Ketua KASN, Agus Pramusinto mengatakan, bahwa Anugerah Kualitas Pengisian JPT ini merupakan puncak dari hasil penilaian yang dilakukan sepanjang 2021. Total ada 431 instansi Pemerintah yang telah dinilai dengan menimbang berbagai aspek. 

“Instansi yang dinilai adalah instansi Pemerintah yang memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan mulai dari perencanaan hingga pelaporan pelaksanaan pengisian JPT dalam periode Januari sampai dengan Desember tahun 2021,” ungkap Agus.

Adapun aspek penilaian menurut Agus, mencakup lima dimensi. Pertama, persiapan pengisian JPT. Kedua, pelaksanaan pengisian JPT. Ketiga, pelaporan pengisian JPT. Keempat, inovasi manajemen pengisian JPT dan Kelima, pelanggaran sistem merit dalam jabatan. Dari kelimanya, KASN secara konsisten dan rinci melakukan pengawasan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang 5/2014 Tentang ASN.

Baca juga : Jokowi Makin Percaya Ke Prabowo

Alhasil, sebanyak 82 instansi Pemerintah ditetapkan menerima penghargaan KASN dengan rincian 14 yang mendapatkan predikat “Sangat Baik” dan 68 yang berhasil mencapai kategori “Baik”. Khusus untuk tingkat Kementerian, terdapat 4 Kementerian mendapatkan predikat kategori ”Sangat Baik” dan 14 Kementerian mendapatkan predikat ketegori ”Baik”. 

Sebelumnya, KLHK juga mendapatkan penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahun 2022 atas sejumlah capaian dalam bidang manajemen kepegawaian.  KLHK meraih penghargaan dalam kategori Implementasi Manajemen ASN Terbaik, Peringkat 2 Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, Peringkat 5 Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian.■


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.