Dark/Light Mode

FX Rudy Hadiri HUT Pertama Relawan Teman Ganjar

Selasa, 7 Juni 2022 19:41 WIB
Mantan Wali Kota Solo FX Rudy hadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Relawan Teman Ganjar (Tegar) ke-1 di Taman Sunan Jogo Kali, Surakarta, Jawa Tengah Senin (6/6). (Foto: Istimewa)
Mantan Wali Kota Solo FX Rudy hadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Relawan Teman Ganjar (Tegar) ke-1 di Taman Sunan Jogo Kali, Surakarta, Jawa Tengah Senin (6/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Teman Ganjar (Tegar) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 di Taman Sunan Jogo Kali, Surakarta, Jawa Tengah Senin (6/6). Acara yang menghiasi keindahan bantaran Sungai Bengawan Solo ini dihadiri oleh tokoh-tokoh Tegar dari Jakarta dan berbagai daerah di Jawa Tengah serta masyarakat Solo.

Perayaan HUT organisasi relawan nasional pendukung Ganjar Pranowo ini diisi dengan diskusi kebangsaan bertemakan Membumikan Pancasila untuk Kemajuan dan Persatuan Indonesia dengan keynote speaker mantan Wali Kota Solo, FX Rudy.

Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan pemberdayaan UMKM di seputar bantaran Sungai Bengawan Solo dan seniman Surakarta. Meskipun sempat dilanda hujan deras, tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat masyarakat yang hadir memeriahkan perayaan tersebut.

Baca juga : Formula E, Sirkuit Jakarta Bisa Repotkan Pembalap

Sesi diskusi kebangsaan diisi oleh tokoh-tokoh profesional Surakarta dan nasional, yakni Retno Wulandari (BPPD Surakarta), Arif Budisusilo (Solopos Mediagrup) dan Rinto Wardana (pakar hukum sekaligus Ketua Umum Tegar).

Sementara sesi pemberdayaan UMKM melibatkan puluhan pelaku UMKM yang  berjualan makanan dan minuman di sekitar lokasi acara termasuk pengisi acara yakni musisi dan seniman lokal setempat.

Dalam sambutannya, FX Hadi Rudyatmo menekankan pentingnya menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta mengajak peserta diskusi untuk menerapkan dan menularkan nilai-nilai tersebut setidaknya di lingkup terkecil, yakni lingkup keluarga.

Baca juga : Buya Syafii Wafat, PGI: Selamat Jalan Guru Bangsa

"Semoga dengan adanya acara ini, peserta diskusi bisa lebih memahami keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara," kata Wali Kota Solo periode 2012-2015 dan 2016-2021 ini.

Yang menarik serta membuat acara diskusi kali ini terasa lebih khidmat adalah saat menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza dengan lirik-liriknya yang sarat dengan nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme.

Ketua Umum Teman Ganjar Rinto Wardana mengatakan, salah satu bentuk penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila ditunjukkan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat bawah, seperti UMKM.

Baca juga : Relawan Teriak Pak Ganjar!

"Kami di sini tidak sekadar ingin bersuka cita, tapi juga menuang nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa, salah satunya dengan mengangkat UMKM dan pekerja seni di sekitaran Sungai Bengawan Solo," ucap Rinto.

Tegar sendiri adalah wujud konkret dari partisipasi aktif masyarakat dalam berdemokrasi. Seluruh inisiasi dan pembiayaan dilakukan secara swadaya oleh para anggota dan pengurus Teman Ganjar.

"Pergerakan relawan ini berangkat dari kesadaran pentingnya partisipasi akar rumput di alam demokrasi di Indonesia, dan ini adalah pertanda baik. Kami tidak hanya peduli, tapi juga berpartisipasi aktif. Tegar akan terus mengupayakan untuk meningkatkan kesadaran ini", tutup Wakil Ketua Umum DPP Tegar, Dedek Prayudi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.