Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cari Penerus Jokowi, Relawan Gelar 10 Musra Lagi

Kamis, 20 Oktober 2022 21:01 WIB
Presiden Jokowi dan relawan. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi dan relawan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia akan kembali digelar dalam waktu dekat. Tak tanggung-tanggung, Musra akan diadakan di sepuluh kota hingga akhir tahun ini.

Untuk diketahui, Musra Indonesia diinisiasi oleh relawan Jokowi. Musra merupakan ajang menyerap aspirasi masyarakat soal siapa tokoh nasional yang layak untuk 2024.

Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia, Andi Gani Nena Wea menegaskan, aspirasi rakyat di seluruh Indonesia mesti disalurkan dan disuarakan. Menurutnya, Musra mewadahi aspirasi di tengah pembahasan capres-cawapres oleh partai-partai politik yang belum final hingga saat ini.

Musra mewadahi kebutuhan itu di tengah pembahasan capres-cawapres oleh partai-partai politik yang belum final hingga saat ini. Untuk itu, Andi Gani mengundang rakyat untuk mengikuti Musra dan menyampaikan aspirasi terkait sosok pemimpin yang diinginkan pada 2024.

Baca juga : Cegah Turbulensi Politik, Ini Saran Relawan Ganjar Puan Kepada Jokowi

"Waktunya rakyat Indonesia harus bersuara, ayo sampaikan apa maunya lewat Musra," tegas Andi Gani dalam konferensi persnya di Jakarta, Kamis (20/10).

Penanggungajawab Pembina Musra Indonesia, Budi Arie Setiadi mengundang seluruh rakyat untuk meramaikan Musra di daerah masing-masing.

"Musra memanggil seluruh rakyat untuk membanjiri acara. Musra ini seperti pilpres kecil di daerah-daerah," katanya.

Budi Arie menjelaskan, Musra yang terdekat digelar di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Minggu (23/10). Sedangkan Musra terakhir tahun ini dihelat di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada Sabtu (17/12).

Baca juga : Chatib Basri: Penyesuaian Harga BBM Keputusan Tepat

Ketua Panitia Musra Indonesia, Panel Barus menjelaskan, Musra merupakan gerakan aspiratif yang ditujukan untuk menyerap aspirasi rakyat terhadap sosok calon pemimpin pada 2024.

"Musra ini merupakan sebuah gerakan aspiratif yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat dan keinginan terhadap sosok kepemimpinan nasional, yang diharapkan oleh rakyat Indonesia pada 2024," ujarnya.

Panel menambahkan, Musra Indonesia adalah sebuah mekanisme yang melibatkan masyarakat secara langsung dalam menyusun kerangka kriteria kepemimpinan yang diharapkan di masa depan.

Ia menegaskan, Musra tidak didesain untuk menutup-nutupi suara rakyat yang menginginkan tokoh terbaik untuk memimpin bangsa ini. "Hasil Musra 100 persen pilihan rakyat, tidak didiskon sedikitpun," ucapnya.

Baca juga : Hari ini, Verstappen Siap Kunci Gelar Juara Dunia F1

Adapun, jadwal Musra hingga akhir tahun, sebagai berikut, Riau (23 Oktober), Palembang (29 Oktober), Batam (5 November), Padang (6 November), Serang (12 November), Makassar (13 November), Surabaya (4 Desember), Banjarmasin (11 Desember), Mamuju ( 15 Desember), dan Kupang (17 Desember).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.