Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hebat, Lapak Ganjar Pranowo Jadi Acuan Para Reseller Luar Jateng

Minggu, 23 Oktober 2022 19:21 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Lapak Ganjar yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bukan hanya bermanfaat bagi produsen UMKM, melainkan juga bagi reseller atau jasa titip (Jastip). Ajang promosi berbasis media sosial itu menjadi acuan reseller mencari produk UMKM untuk dijual kembali.

Vivi Christiana, seorang pengusaha jasa titip alias jastip asal Tangerang mengaku, Lapak Ganjar menjadi acuan untuk berburu produk UMKM lokal, yang akan ia jual kembali.

“(Lapak Ganjar) sangat membantu kalangan kita yang di luar daerah, lihat barang dan produk UMKM,” ujarnya saat berkunjung di UMKM Yangko Ekaeco, di Borobudur, Magelang, dikutip Minggu (23/10).

Salah satu UMKM yang sampai saat ini bekerja sama dengannya adalah Yangko Ekaeco. Ia mendapatkannya dari informasi Lapak Ganjar.

Berita Terkait : SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Masih Unggul Pasca Anies Deklarasi Capres

“Kami dari Tangerang, kita melihat dari sosmed ada Lapak Ganjar, tertarik di situ. Menarik di daerah Borobudur ada yangko yang beda dengan di daerah lain, saya rasakan enak. Saya kontak ternyata antusiasnya luar biasa,” paparnya.

Ia mengapresiasi upaya Ganjar yang peduli terhadap UMKM.

“Itu sangat luar biasa bisa membantu masyarakat kecil untuk tetap bertahan. Sampai saat ini saya lebih banyak cari di Lapak Ganjar, karena banyak varian produk,” tambahnya.

Sementara, Eka Yulia Astutik, owner Yangko Ekaeco mengatakan, setelah produknya diunggah ulang Lapak Ganjar, usahanya mengalami peningkatan pesat.

Berita Terkait : Ganjar Pastikan Pemerintah Respons Cepat 

“Sekarang ada sekitar 200 reseller yang tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan sebagian luar Jawa,” ungkapnya.

Eka mengaku, awalnya ia memasarkan produknya sendiri dan di sekitaran Magelang.

“Tadinya hanya Magelang, setelah di-repost Lapak Ganjar, menambah jangkauan pasarnya,” tandasnya.

Sebagai informasi, Lapak Ganjar hadir sejak 2020 sebagai solusi bagi UMKM lokal, untuk tetap bertahan dan survive di tengah pandemi Covid-19. Pelaku UMKM bisa promosi melalui unggahan yang kemudian di-repost pada Instastory Ganjar Pranowo.

Berita Terkait : PDIP Nilai Pernyataan Ganjar Pranowo Siap Jadi Capres Tidak Langgar Aturan

Program tersebut dilakukan seminggu sekali dengan tema produk yang beragam sesuai tema. Saat ini Lapak Ganjar sudah mencapai edisi ke-101. ■