Dark/Light Mode

Kerja Sama Dengan Sinergi Gula Nusantara

Panenin Siapkan Aplikasi Serbaguna Untuk Petani Tebu

Kamis, 27 Oktober 2022 08:44 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Komitmen pemerintah untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia menjadi peluang bagi petani. Namun, keterbatasan dana dan pupuk yang kerap langka jadi penghambat produktivitas hasil tani.

CEO Panenin (PT Agri Gain Nusantara), Ailsa Callista mengatakan, saat ini petani membutuhkan jaminan ketersediaan pupuk yang berkelanjutan. Sehingga mampu menaikan hasil kebun secara stabil.

Panenin pun berkomitmen untuk membantu petani melalui kerjasama dengan PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) yang membawahi 36 pabrik gula di Indonesia.

Baca juga : Jawab Tantangan Era Digital, IPO Luncurkan Aplikasi Pemenangan Pemilu

PT SGN yang menargetkan swasembada gula kristal putih pada 2025 menjadi dorongan Panenin meluncurkan aplikasi pada November mendatang.

Ailsa menjelaskan, aplikasi itu akan mempermudah petani mendapat pendanaan untuk pupuk dan peralatan bertani. Tidak hanya itu, petani juga akan diberikan pendampingan mulai dari bertanam hingga tebu hasil panen terjual ke pabrik dengan harga yang bagus.

“Kita harap lewat Panenin supplay pupuk bisa aman. Sebab tidak hanya kelangkaan pupuk yang jadi persoalan tapi juga banyak pupuk palsu. Panenin juga akan mendampingi petani untuk memastikan hasil panen berkualitas dan jumlahnya naik 20 persen,” ungkap Ailsa usai penandatanganan MoU dengan PT SGN di Jakarta Pusat, Rabu (26/22).

Baca juga : Holding Perkebunan Nusantara Gencarkan Pendidikan Wirausaha Di Pesantren

Panenin sebagai perusahaan start up dibidang agritech untuk komoditi tebu dan gula kristal putih telah mempunyai gudang pupuk. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan pupuk petani di PG Semboro, Jawa Timur, sebagai pilot project Panenin dengan PT SGN.

“Kita punya warehouse pusat sendiri di Jember yang bisa menjamin tidak ada kelangkaan pupuk hingga akhir masa tanam. Kita juga sudah kerjasama dengan partner besar lainnya untuk bisa bergabung dengan program pupuk Panenin ini," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara Aris Toharisman menyambut baik kerja sama tersebut. Aris meyakini program Panenin untuk mendiatribusikan pupuk kepada petani di Semboro akan berdampak pada perbaikan kualitas serta menaikkan produksi pabrik sampai 20 persen.

Baca juga : Sudirman Said: Indonesia Perlu Pacu Pendidikan Vokasi Sebagai Penopang Pertumbuhan

“Kapasitas pabriknya di PG Semboro cukup besar yaitu 60 ribu ton per hari dengan luas area hampir 14 ribu hektare yang di kelola sekitar 20 ribu petani. Program yang tadi kita tandatangani lewat kerjasama akan membantu. Sebab, selama ini pendanaan dan sarana produksi seperti pupuk menjadi andalan petani dalam mengelola lahan,” kata Aris.

Aris juga menyebut aplikasi yang disiapkan Panenin merupakan terobosan besar. Dimana, aplikasi itu dapat mengawasi secara berkala proses tanam dan memantau pemanfaatan kredit agar tepat sasaran. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.