Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerja sama RI Dan Beijing Saling Menguntungkan

Luhut: Terima Kasih China

Sabtu, 29 Oktober 2022 06:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Panjaitan.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Panjaitan.

 Sebelumnya 
“Kalau orang katakan kita didikte China, sama sekali tidak benar. Apalagi, dengan angka-angka ini. Apapun bentuk kerja sama China di Indonesia, selalu saling menguntungkan,” tegas Luhut.

Selain itu, Luhut menilai, ekspor Indonesia tumbuh 10 kali lipat karena banyak dibantu oleh China. Nilai ekspor yang besar dari komoditas besi dan baja.

Baca juga : Jasa Raharja Jamin Santunan Korban KM Express Cantika

“Ini yang membuat saya teri­ma kasih kepada China. Nggak perlu malu. Mereka benar-benar membantu kita, dan sekarang 70 persen peningkatan ekspor kita disumbang dari produksi besi dan baja menjadi 21 miliar dolar AS,” ungkapnya.

Namun begitu, Luhut mengakui investasi yang dilakukan China di Indonesia membuat banyak tenaga kerja asal Negeri Tirai Bambu itu datang ke Tanah Air. Sementara tenaga kerja dari Indonesia dianggap belum mampu.

Baca juga : Keren Nih! Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Luncurkan Hotel Kapsul PassGo-Digital

Akan tetapi, seiring berjalan­nya waktu, kata Luhut, tenaga kerja asing tersebut sudah ber­ganti ke dalam negeri.

“Saya dikritik banyak menge­nai ini. Tapi sekarang, tiga tahun ini, banyak anak-anak Indonesia yang dulu nobody, sekarang menjadi salah satu operator di sana,” jelasnya.

Baca juga : Fermentasi Diklaim Jadi Solusi Kunci Menutrisi Populasi Dunia

Duta Besar China untuk In­donesia Lu Kang menjelaskan, kerja sama ekonomi antara kedua negara semakin erat. Dia optimistis perusahaan-perusa­haan China bisa ikut mening­katkan level industri Indonesia dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Investasi China sudah mengakar kuat, seperti pohon besar yang menghasilkan buah me­limpah. Ini tidak lepas dari per­hatian Pemerintah dan kepedu­lian masyarakat Indonesia,” katanya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.