Dark/Light Mode

UMN Bersama Aplikasi TAP, Kaya.id, dan Disdik Tangerang Dorong Peningkatan Literasi Siswa

Jumat, 7 Oktober 2022 15:38 WIB
Kolaborasi Pemerintah Kabupaten Tangerang menggandeng Troya Academic Platform (TAP) platform digitalisasi sekolah yang berasal dari Jogja untuk menunjang wadah pembelajaran interaktif kepada lebih dari 1000 sekolah SD-SMP se-Tangerang. (Foto: Istimewa)
Kolaborasi Pemerintah Kabupaten Tangerang menggandeng Troya Academic Platform (TAP) platform digitalisasi sekolah yang berasal dari Jogja untuk menunjang wadah pembelajaran interaktif kepada lebih dari 1000 sekolah SD-SMP se-Tangerang. (Foto: Istimewa)

Dalam rangka mendukung kemampuan literasi pada anak, Pemerintah Kabupaten Tangerang menggandeng Troya Academic Platform (TAP) platform digitalisasi sekolah yang berasal dari Jogja untuk menunjang wadah pembelajaran interaktif kepada lebih dari 1000 sekolah SD-SMP se-Tangerang. Platform ini dikembangkan bersama di Magister Management Technology (MMT) Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Di bawah bimbingan Dr. So Yohanes Jimmy, ST, MM dan Dr. Prio Utomo ST, MPC. Secara organik dan peningkatan marketing TAP menggandeng CEO kaya.id, Nita Kartikasari. Pengembangan awal platform digitalisasi sekolah dari TAP ini, ialah  berupa perpustakaan digital atau e-library.

Direktur Utama TAP, Yodan Pranata  mengatakan, kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen dan awal permulaan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendukung pemerataan akses perpustakaan dan meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.

“Seiring dengan ajakan pemerintah untuk meningkatkan minat literasi, kami merasa TAP bisa turut andil dengan memperkuat ekosistem e-library bagi sekolah-sekolah di Indonesia. Mulai dari penyediaan koleksi literasi dalam berbagai format termasuk video book dan games edukatif, hingga penamaan aplikasi sesuai dengan nama dan identitas sekolah masing-masing. TAP juga mendukung distribusi literasi menjadi lebih efisien hanya dengan 1 klik,” ujar Yodan seperti dikutip dari siaran persnya, Jumat (7/10).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Syaifullah mengatakan, pihaknya menyambut baik keberadaan aplikasi TAP ini yang bisa mendukung peningkatan kemampuan membaca anak.

"Sehingga pendidikan di Kabupaten Tangerang lebih cepat beradaptasi dengan digitalisasi yang tentu saja dinamis dan lebih bergerak maju. Kami juga berharap ini bisa mempercepat digitalisasi pendidikan sesuai dengan rencana Kemendikbud Ristek,” ujarnya.  

Kepala SDN Jengkol 02 Kabupaten Tangerang, Suryani, menyebutkan kegunaan dari aplikasi e-library TAP ini bisa mendukung para tenaga pendidik untuk tidak hanya sekedar menjadi alat bantu pengajaran, namun juga untuk menaikkan akreditasi sekolah dengan penerbitan buku.

“Implementasi ini merupakan inisiatif yang bisa membawa dampak positif bagi kami para tenaga pendidik untuk mendukung proses pembelajaran. Apalagi, kami sebagai tenaga pendidik juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan karya ke dalam aplikasi ini sehingga bisa menyebarkan ilmu lebih luas lagi ke murid-murid dan tentu saja kami siap untuk menerima perubahaan cara belajar ke dunia digitalisasi. Selain itu, kami rasa keberadaan aplikasi TAP ini juga secara langsung mengajak anak-anak menggunakan handphone tidak hanya untuk sosial media atau game namun juga untuk membaca," ujar Suryani.

Aplikasi TAP ini taks sekedar e-library pada umumnya dimana aplikasi ini menyediakan beragam koleksi buku digital namun juga edukasi dalam format video book & game edukasi, portal informasi berita di dalam aplikasi, dan yang paling penting juga memberikan kesempatan bagi para tenaga pendidik untuk menerbitkan karyanya di ekosistem aplikasi e-library TAP. 

Yodan Pranata juga menjelaskan, saat ini TAP telah tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Yodan berharap aplikasi TAP ini dapat digunakan oleh 5,000 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia sesuai dengan dengan rencana digitalisasi pendidikan dari pemerintah. 

 

Baca juga : Ketua MPR Dorong Peningkatan Investasi Turki di Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka -

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.