Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukungan Jokowi Kembangkan Start Up Lokal Tumbuhkan Ekonomi Daerah

Senin, 31 Oktober 2022 18:19 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Ekonomi Digital dan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM) Andika Isma mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terus memberikan perhatian terhadap pertumbuhan industri start up atau perusahaan rintisan.

Soalnya, start up lokal telah terbukti memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

"Ekonomi Lokal atau daerah yang dapat bertumbuh dengan adanya inovasi dari pemerintah. Keterkaitannya, yang paling sederhana, dengan adanya dorongan dari start up lokal, yang notabene akan langsung bersentuhan dengan masyarakat lokal ataupun orang-orang yang ada di daerah," ujar Andika, Senin (31/10).

Baca juga : Prof. Soebroto: Hulu Migas Jadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

"Otomatis dengan adanya seperti itu, maka orang-orang yang menikmati layanan tang diberikan start up lokal ini itu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan sumber daya yang ada di daerah," sambungnya.

Andika juga mendukung apa yang baru saja diluncurkan Presiden Jokowi pada Ibu Kota Nusantara (IKN), yakni Jagat Nusantara, yang merupakan platform e-commerse masa depan.

Paltfotm ini dapat menghubungkan antara ekonomi digital dan ekonomi riil. Adanya ekonomi start up, kata Andika dapat meminimalisir terjadinya permainan harga oleh para tengkulak yang dapat mengerek harga lebih mahal.

Baca juga : Unpad Bandung Gandeng JPV Kembangkan Teknologi Budi Daya Stroberi

"Terkait kebijakan pengembangan start up lokal, saya sepakat dengan usulan start up jagat nusantara ini, karena sangat berdampak kepada ekonomi masyarakat khususnya lokal. Kenapa demikian? saya kasih contoh start up di daerah, di Makassar ada start up yang fokus pada bagaimana menjembatani petani kopi dan konsumen, dengan adanya start up ini akan memotong tengkulak yang memainkan harga,” jelasnya.

Selain itu, menurut dia, startup juga dapat mempertemukan langsung antara penjual dan pembeli dan menstimulasi pertumbuhan ekonomi lokal dan mendorong kesejahteraan masyarakat kecil.

“Start up lokal di daerah dapat langsung mendorong kegiatan ekonomi lokal, karena mereka langsung bersentuhan dengan petani, kalau industri langsung ke hilirnya. contohnya aquaroom di Barru mereka menghubungkan nelayan dengan konsumen yang ingin mengonsumsi ikan yang segar, seperti di kota maupun restoran. ini pastinya akan mendorong ekonomi masyarakat kecil,” paparnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.