Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Unpad Bandung Gandeng JPV Kembangkan Teknologi Budi Daya Stroberi

Kamis, 27 Oktober 2022 10:37 WIB
Penandatanganan kerja sama penelitian antara Universitas Padjajaran Bandung dengan Japan Premium Vegetable (JPV) Co., Ltd. di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada Rabu (26/10).
Penandatanganan kerja sama penelitian antara Universitas Padjajaran Bandung dengan Japan Premium Vegetable (JPV) Co., Ltd. di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada Rabu (26/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyambut baik penandatanganan kerja sama penelitian antara Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dengan Japan Premium Vegetable (JPV) Co., Ltd. di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada Rabu (26/10). 

Keduanya sepakat  akan membangun teknologi budi daya Stroberi berkualitas tinggi sepanjang tahun.

Baca juga : Ganjar Dorong Pengembangan 6 Bandara Komersil Dan Perintis Di Jateng

Saat menerima delegasi JPV, Dubes Heri menyampaikan harapan agar kerja sama ini selain dapat menghasilkan Stroberi berkualitas tinggi dan memberi keuntungan bagi para petani juga mampu berkontribusi dalam menambah pendapatan daerah. 

“Penelitian bersama ini akan menghasilkan teknologi budidaya Stroberi yang berkualitas di daerah panas dan lembab, sehingga dapat memenuhi permintaan Stroberi yang besar tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara, Jepang dan dunia,” ujar Dubes Heri, Kamis (27/10).

Baca juga : Wapres Pimpin Badan Pengarah Pembangunan Papua, Ini Tugasnya

KBRI Tokyo siap memfasilitasi dan menjembatani transfer teknologi dalam pengembangan riset penelitian baik di bidang pertanian atau bidang apapun sebagai wujud kerja sama erat kedua negara,” tambahnya.

Chief Executive Officer JPV, Kenji Endo menjelaskan, JPV telah mengerjakan pengembangan  teknologi budi daya Stroberi di daerah tropis dan daerah subtropis dengan suhu dan kelembaban tinggi. 
Uji coba tanam yang dilakukan memperlihatkan hasil tinggi dan teknologi budi daya yang dikembangkan mampu mendukung produksi sepanjang tahun untuk Stroberi berkualitas tinggi di Asia Tenggara. 

Baca juga : Dukung Layanan 5G, Mitratel Fokus Kembangkan Ekosistem Bisnis Tower

Salah satu target kerja sama ini antara lain renovasi Rumah Kaca IT (Greenhouse IT) di Unpad agar sesuai dengan spesifikasi yang telah dikembangkan melalui proyek ini. Teknologi pendinginan dan pencahayaan canggih akan diterapkan untuk mewujudkan lingkungan budi daya Stroberi yang cocok bahkan di daerah panas dan lembab. 

Sistem pembibitan tipe tertutup akan digunakan untuk menumbuhkan bibit berkualitas tinggi untuk mewujudkan budi daya varietas Stroberi Jepang dengan hasil tinggi sepanjang tahun di iklim panas dan lembab di Indonesia.■ 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.