Dark/Light Mode

GTS Internasional Latih Awak Kapal Pelayaran Bahtera Adhiguna

Selasa, 8 November 2022 17:33 WIB
Kapal GTS Internasional. (Foto: Ist)
Kapal GTS Internasional. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan pengangkut energi, PT GTS Internasional Tbk (GTSI) bekerja sama dengan PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAG) untuk melakukan pelatihan dan pengenalan operasional atau on board training kapal Liquid Natural Gas (LNG). 

Direktur Utama GTSI, Tammy Meidharma mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bentuk komitmen perseroan untuk terus mengembangkan diri pada sektor pengangkutan energi. "Pelatihan sebagai operator kapal LNG diberikan kepada awak BAG akan diadakan di atas kapal Triputra yang sudah bertahun-tahun dioperasikan GTS Internasional," katanya kepada awak media, Selasa (8/11). 

Pelatihan tersebut, kata Tammy, diadakan dalam enam batch on board training yang terdiri dari sejumlah kurikulum atau silabus pengoperasian kapal. "Tentunya dengan standar internasional yang sudah lama dijalankan oleh GTS Internasional," ujarnya.

Pelatihan dan pengenalan dalam mengoperatori kapal LNG untuk BAG tersebut, jelas Tammy, tidak lepas daftar panjang sepak terjang GTS Internasional dalam mengelola kapal LNG. GTS Internasional saat ini mengelola sedikitnya 2 kapal LNG, yaitu, Ekaputra 1 dan Triputra yang setiap hari mengelilingi Nusantara mengangkut LNG. 

Baca juga : Mantap, Bagnaia Raih Gelar Juara Dunia Baru

Tammy menambahkan, GTS Internasional sudah lebih dari 30 tahun berpengalaman ikut menyediakan energi dengan mengangkut gas dari titik eksploitasi ke pembangkit listrik di Tanah Air. "Kami mengemban kepercayaan dari klien, bahwa kami mampu dengan baik menjalankan misi penyediaan energi ramah lingkungan itu dengan standar internasional," jelasnya.

Dalam operasinya, GTSI juga telah memiliki sejumlah sertifikat antara lain, IMO Standard, CLASS NK dan beberapa sertifikat ISO. "Kami juga sudah meraih sertifikat ramah lingkungan," ungkap Tammy.

Plt. Direktur Utama Pelayaran Bahtera Adhiguna Fauzan mengatakan, sudah tepat telah mempercayakan familiarization atau pengenalan kapal LNG kepada awak kapal kami dari GTSI. "Untuk operator kapal LNG, pengalaman GTSI sudah tidak diragukan lagi," katanya. 

Fauzan menjelaskan, on board training tersebut adalah upaya mempersiapkan BAG sebagai securing of supply energi primer PT PLN. 

Baca juga : Ketum IMI Tinjau Lahan Calon Sirkuit Internasional di Jakabaring Sport City

Dimana saat ini perusahaan masih menjalankan tugas pengangkutan batubara dan kedepannya dapat memungkinkan untuk melakukan pengembangan bisnis, yaitu jasa angkutan transportasi laut LNG. Pelaksanaan on board training dimulai dengan penandatanganan kerja sama pada tanggal 25 Oktober 2022.  

"Dengan pelaksanaan on board training ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pegawai tentang jasa angkutan transportasi laut LNG," ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini saham emiten berkode GTSI tersebut bertengger pada rentang Rp 50-Rp 78 per lembar dalam setahun terakhir dan tercatat pada sektor pelayaran dengan kapitalisasi pasar Rp 996 miliar.

Sejauh ini, GTSI mencatatkan pendapatan 31,11 juta dolar AS atau tumbuh hingga 69,3 persen secara tahunan pada periode Januari-September 2022.

Baca juga : Gaet Konsultan Internasional, Arema Bentuk Tim Pemulihan

Berdasarkan laporan keuangan triwulan III-2022, kontribusi pendapatan dari GTS Interasional didominasi jasa sewa kapal untuk gas alam cair senilai 21,95 juta dolar AS atau naik 23,4 persen secara tahunan dari sebelumnya 17,79 juta dolar AS pada September 2021.  

Selain itu, GTSI juga mencatatkan jasa sewa kapal untuk unit penyimpanan dan regasifikasi terapung senilai 8,77 juta dolar AS dan segmen tunda dan tambat senilai 79.033 dolar AS. GTSI mencatatkan laba bruto senilai 10,91 juta dolar AS.

Sampai pada September 2022, GTSI turut mencatatkan lonjakan pendapatan operasi lainnya dari yang sebelumnya 486.803 dolar AS menjadi 1,16 juta dolar AS. Meski begitu, GTSI juga membukukan kenaikan yang signifikan pada beban operasi lainnya dari yang sebelumnya 469.225 dolar AS di September 2021 menjadi 2,06 juta dolar AS.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.