Dark/Light Mode

Kemenperin: Industri Mamin Tumbuh 3,57 Persen Di Kuartal III-2022

Jumat, 11 November 2022 21:32 WIB
Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika. (Foto: Ist)
Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertumbuhan industri makanan dan minuman (mamin) di kuartal III-2022 mencapai 3,57 persen. Angka ini lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu yang tercatat 3,49 persen.

Meskipun terdampak pandemi Covid-19, subsektor mamin masih mampu tumbuh dan berkontribusi pada pertumbuhan industri nonmigas yang mencapai 4,88 persen.

Baca juga : Industri TI Tumbuh Pesat, EdgeRay Lirik Potensi Pasar Cloud

“Pada periode yang sama, industri makanan dan minuman berkontribusi sebesar 37,82 persen terhadap PDB industri pengolahan non-migas, sehingga menjadikannya sebagai subsektor dengan kontribusi PDB terbesar,” kata Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika di Jakarta, Jumat (11/11).

Kinerja ekspor produk mamin juga tak kalah bagus. Pada Januari-September 2022, ekspor mamin mencapai 36 miliar dolar AS (termasuk minyak kelapa sawit), sedangkan impor produk makanan dan minuman pada periode yang sama sebesar 12,77 miliar dolar AS.

Baca juga : Tumbuh 4,83 Persen, Sektor Industri Paling Moncer Di Triwulan III

“Hal ini menghasilkan neraca perdagangan industri makanan dan minuman yang menunjukkan nilai positif” sebut Putu.

Atas capaian tersebut, Putu menyampaikan apresiasi pemerintah kepada pelaku industri mamin di Indonesia serta berbagai pihak yang tetap bergairah menumbuhkembangkan industri mamin di tengah ketidakpastian global. Pemerintah terus mendukung upaya-upaya yang dilakukan stakeholders terkait industri mamin untuk meningkatkan produktivitas dan memperluas pasarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.