Dark/Light Mode

Dibeberin Menteri Bahlil

Naik 42,1 Persen, Realisasi Investasi Kuartal III Tembus Rp 307,8 T

Senin, 24 Oktober 2022 12:55 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: YouTube BKPM)
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: YouTube BKPM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi kuartal III-2022 mencapai Rp 307,8 triliun. Jumlah tersebut tumbuh 1,9 persen secara quarter to quarter (qtq) dan tumbuh 42,1 persen secara year on year (yoy).

Realisasi investasi tersebut terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang menyumbang sebanyak 45,1 persen atau sebesar Rp 138,9 triliun. Jumlah tersebut mengalami pertumbuhan 22,5 persen secara tahunan atau year on year (yoy). 

Baca juga : Terbukti Berkualitas Tinggi, Pertamina Renewable Diesel Siap Tembus Pasar Eropa

Kemudian untuk Penanaman Modal Asing (PMA) nilainya mencapai Rp 168,9 triliun atau berkontribusi 54,9 persen dari total realisasi investasi dan mengalami pertumbuhan 63,6 persen yoy atau secara tahunan. 

"Data ini dapat dipertanggungjawabkan, karena langsung perusahaan yang melaporkan dan kita asistensi," kata Menteri investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di Jakarta, Senin (24/10). 

Baca juga : Naik Rp 200 T, Bahlil Targetkan Investasi Tahun Depan Rp 1.400 T

Bahlil pun optimistis target realisasi investasi tahun ini yang ditargetkan sebesar Rp 1.200 triliun bisa tercapai di akhir tahun, meskipun perekonomian global sedang bergejolak.

Jika diakumulasikan, total realisasi investasi dari kuartal I-2022 hingga kuartal III-2022 tahun ini nilainya sudah mencapai Rp 1.194,6 triliun. Artinya, realisasi investasi di akhir tahun ini kemungkinan bisa melampaui target yang sudah ditentukan sebesar Rp1.200 triliun. 

Baca juga : Naik 59,87 Persen, Laba BTN Tembus Rp 1,47 Triliun

"Sampai dengan memasuki kuartal ketiga, target investasi kita Rp 1.200 triliun InsyaAllah masih dalam kondisi ontrack, bisa kita lakukan secara baik dan progressnya berjalan terus," tutur Bahlil. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.