Dark/Light Mode

Menhub Lihat Toyota bZ4X Di Bali

Senin, 14 November 2022 09:28 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi melihat-lihat Toyota bZ4X di pameran kendaraan listrik di Bali. (Foto: Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi melihat-lihat Toyota bZ4X di pameran kendaraan listrik di Bali. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melihat Toyota bZ4X di booth Toyota pada Pameran Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (PKLBB), di Kawasan Nusa Dua Bali, Minggu (12/11).

Pada kesempatan itu, Menhub mendapat penjelasan soal Toyota bZ4X dari Toyota xEV Project Leader PT Toyota-Astra Motor (TAM) Arie Hermawan.

Baca juga : Absennya Elon Musk Di Bali

Toyota All New bZ4X bersama Lexus UX300e yang merupakan kendaraan Battery EV disediakan Toyota sebagai official car partner guna mendukung mobilitas delegasi partisipan KTT Puncak G20 Summit yang akan berlangsung di Nusa Dua Bali, 15-16 November 2022.

"Partisipasi Toyota di Pameran Kendaraan Listrik Berbasis Baterai merupakan bentuk dukungan kami pada upaya popularisasi teknologi kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Dimana Toyota All New bZ4X menjadi salah satu opsi solusi mobilitas zero emission di Indonesia," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Baca juga : Biden Dan Xi Jinping Mau Face To Face Senin Di Bali


All New bZ4X dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle. Salah satu kelebihannya adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.  Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

“Dengan penggunaan platform e-TNGA, baterai bZ4X bisa diintegrasikan ke dalam sasis sehingga aman dari benturan dari berbagai sisi. Water cooling system yang menyatu dengan sistem AC mobil dimanfaatkan untuk menstabilkan suhu baterai setelah penggunaan yang ekstensif demi menjaga performa dan keamanan baterai,” kata Anton.

Baca juga : Para Menteri Ngantor Di Bali

Masuk ke dalam, tema interior bZ4X adalah kenyamanan dan kelapangan yang memberikan suasana kabin ala living room. Dipadukan dengan layar sentuh 12,3 inch terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone. Pertama pada mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Sebagai sebuah mobil yang advanced, All New bZ4X memanfaatkan fitur safety aktif yang paling canggih demi melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Disematkan pula fitur telematika canggih T Intouch. Yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.