Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KTT G20

Para Menteri Ngantor Di Bali

Kamis, 10 November 2022 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Selasa (8/11/2022). (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Selasa (8/11/2022). (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang gelaran KTT G20 di Bali pada 15 sampai 16 November mendatang, kesibukan para menteri makin bertambah. Sepekan sebelum KTT G20, para menteri sudah mulai ngantor di Pulau Dewata. Para menteri ini maraton mengikuti sejumlah rapat hingga mengecek langsung segala persiapan tentang perlehatan akbar tersebut.

Presiden Jokowi sebelum terbang ke Kamboja untuk menghadiri KTT ASEAN, menyempatkan diri untuk terbang ke Bali. Jokowi meninjau persiapan pertemuan pemimpin negara-negara G20. Setelah meninjau, Jokowi tersenyum.

“Saya sudah cek dari pagi tadi sampai titik-titik yang paling kecil sudah kita cek semuanya dan saya ingin menyatakan kita siap menerima tamu-tamu G20,” kata Jokowi di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar.

Baca juga : PIKM Diharap Kurangi Angka Pengangguran Di Bangka Belitung

Jokowi menjelaskan, hingga saat ini sudah ada 17 kepala negara/kepala pemerintahan yang menyatakan hadir pada KTT G20 di Bali mendatang. Di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

Selain mengecek semua persiapan terkait pagelaran acara, Jokowi juga menggelar sejumlah rapat bersama menteri di Bali. Pertama, rapat terbatas di Apurva Kempinski Bali, kemarin siang. Rapat tersebut diikuti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bali I Wayan Koster, Pangdam Jaya Udayana, hingga Kapolda Bali.

Setelah itu, Jokowi meresmikan sejumlah infrastruktur seperti Gedung VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan tiga pelabuhan yang tersebar di Provinsi Bali.

Baca juga : IKN Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pemerintahan Di Kaltim

Jokowi juga menggelar Rapat Kabinet mengenai Ekosistem Pemanfaatan Gas untuk Industri Dalam Negeri. Rapat kabinet ini diungkapkan Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di akun Instagram miliknya, tadi malam.

Agus menyampaikan, pemanfaatan gas untuk industri dalam negeri harus mendapat prioritas utama mengingat hal ini sangat berpengaruh bagi investasi di sektor Industri, khususnya sektor petrokimia.

Sejak akhir pekan lalu, para menteri memang mulai ngantor di Bali. Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan pada Senin (7/11), meninjau Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan VVIP KTT G20 2022. Luhut menyampaikan persiapan seluruh rangkaian KTT G20 telah mencapai 99 persen. Ia menjelaskan berbagai persiapan termasuk terkait infrastruktur, transportasi, logistik, dan keamanan, berjalan sesuai rencana.

Baca juga : Tinjau KTT G20, Presiden: Kita Siap Menerima Tamu-Tamu G20

“Saya kira (persiapan KTT G20) berjalan baik. Bapak Presiden (Joko Widodo) kemarin sudah melihat sendiri semua persiapan. Saya kira sudah 99 persen,” kata Luhut, kemarin.

Menteri lain tak kalah sibuk. Menkominfo Johnny G Plate datang ke Bali dalam rangka meninjau Hotel Westin, Nusa Dua pada Selasa (8/11) siang. Sementara Menhub Budi Karya datang untuk meninjau proyek Terminal VVIP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Selasa sore.

Menteri PUPR Basuki juga datang untuk meninjau proyek Terminal VVIP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin siang. Ia diketahui memuji insan WIKA atas keberhasilannya mengerjakan proyek tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.