Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Dukung Percepat Emisi Nol, Danone Gelar Program Aqua Life

Selasa, 15 November 2022 16:28 WIB
Foto: Dok. Danone Indonesia
Foto: Dok. Danone Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Danone Indonesia berfokus pada empat hal yang menjadi inti dari agenda perlindungan alam yang diimplementasikan oleh perusahaan. Yakni memerangi perubahan iklim, melindungi siklus air, membantu membangun ekonomi sirkular, serta mempromosikan pertanian regeneratif.

Chief Executive Officer Danone Indonesia Connie Ang, mengatakan pihak berkomitmen mencapai Emisi Nol (Net Zero Emissions) pada 2050.

“Danone Indonesia telah menerapkan tata kelola perubahan iklim untuk mempercepat perjalanan dekarbonisasi, serta memastikan bahwa kami menindaklanjuti komitmen ini dengan strategi nyata,” ujar Connie lagi dalam keterangan, Selasa (15/11).

Baca juga : Dukung Kesehatan Anak, Formula Gelar Edukasi & Pengobatan Gigi Gratis

Secara global, Danone mengurangi intensitas emisi hingga 27 persen jika dibandingkan pada 2015. Hal itu melalui pemangkasan konsumsi energi, mempromosikan penggunaan energi terbarukan serta menerapkan praktik pertanian regeneratif, menghilangkan deforestasi di sepanjang rantai pasok, menciptakan kemasan yang sirkular, dan mengimbangi emisi yang tersisa.

Sebagai salah satu upaya melindungi siklus air, Danone Indonesia juga menerapkan Danone Water Policy, seperangkat kebijakan perusahaan yang dilaksanakan untuk mengamankan keberlanjutan sumber daya air.

Danone Indonesia pun memiliki komitmen untuk mencapai Positive Water Impact pada 2030, di mana kita dapat mengembalikan air lebih banyak dari yang digunakan.

Baca juga : Dukung Piala Presiden Esports 2022, Coda Hadirkan Program Cek Kesehatan

“Sementara pendekatan ekonomi sirkular pada kemasannya dengan mempromosikan model bisnis yang dapat digunakan kembali melalui galon guna ulang, yang juga terbukti diproduksi dengan 83 persen emisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan galon sekali pakai,” tegas Connie.

Melalui Aqua Life, Danone Indonesia telah meminimalisir emisi karbon di setiap tahap siklus hidup botol kemasan. Mulai dari bahan baku produksi yang sepenuhnya dapat didaur ulang, penerapan energi terbarukan hingga upaya offsetting untuk mengimbangi emisi yang tersisa,

“Saat ini Aqua Life telah menjadi minuman bersertifikat Netral Karbon (Carbon Neutral) pertama di Indonesia, mengacu pada standar internasional PAS 2060 oleh Carbon Trust,” tambah Connie.

Baca juga : Dukung Net Zero Emmision, IATMI Gelar Simposium Ketahanan Energi Nasional

Di sisi internal, Danone telah menjalankan sebuah mekanisme tata kelola iklim yang menyeluruh di seluruh operasional perusahaan di seluruh dunia. Isu perubahan iklim merupakan salah satu pokok bahasan utama dalam gelaran presidensi Indonesia di KTT G20, yang saat ini berlangsung di Bali.

“Untuk menekan dampak negatif dari perubahan iklim dibutuhkan lebih banyak upaya dan campur tangan berbagai pihak,” tandas Connie. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.