Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Meriahkan Side Event G20 di Bali, UMKM Binaan Pertamina Bidik Pasar Global

Kamis, 17 November 2022 17:01 WIB
Ilustrasi UMKM Binaan Pertamina di Side Event G20 di Bali. (Dok. Pertamina)
Ilustrasi UMKM Binaan Pertamina di Side Event G20 di Bali. (Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT. Pertamina (Persero) melalui Rumah BUMN (RB) mengikuti side event G20 yang digagas Kementerian Koperasi & UKM (Kemenkop UKM) bertemakan Future SMES Village yang dilaksanakan pada 10-19 November 2022 di Bali Collection, Provinsi Bali.

Melalui kegiatan ini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pertamina diharapkan dapat memperluas akses pasar ke manca negara, khususnya ke negara-negara peserta KTT G20.

Vice President CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman, mengatakan keterlibatan UMKM pada kegiatan ini berpotensi ikut mengakselerasi pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Baca juga : Kementan Optimalisasi Lahan Pekarangan Tak Produktif

Oleh karena itu, Pertamina melakukan persiapan, salah satunya dengan mematangkan kualitas produk maupun kapasitas dari para pelaku UMKM.

“Acara G20 ini tentunya patut kita syukuri karena memberikan peluang untuk tumbuh dan berkembang bagi para pelaku UMKM baik sektor kuliner, fashion dan craft,” ujar Fajriyah, Rabu (16/11).

Dia menambahkan, dukungan terus diberikan Pertamina kepada para binaannya untuk selalu melakukan kolaborasi. Baik dengan pemerintah, maupun stakeholder lainnya melalui program-program yang inklusif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, mengingat berbagai tantangan kedepan yang dihadapi para pelaku UMKM.

Baca juga : UMKM Binaan Pertamina Raup Banyak Keuntungan

“Melalui event akbar ini, kita berharap agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan kesempatan untuk menciptakan peluang agar produk lokal memiliki daya saing dan mampu mendobrak pasar global sekaligus menjadi momentum untuk mengakselerasi transformasi digital," kata Fajriyah.

Penyelenggaraan Future SMES Village Local Wisdom for Global Sustainability dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada Jumat (11/11).

Turut hadir Stafsus Presiden, Diaz Hendro Priyono, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, Ketua Dekranasda Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, serta beberapa pejabat penting lainnya.

Baca juga : Produk Aromaterapi & Cokelat Bali UMKM Binaan LPEI, Jadi Incaran Para Delegasi G20

“Presidensi G20 menjadi momentum bagi Koperasi dan UMKM agar beradaptasi dengan isu-isu strategis yang dianggap sebagai usaha berkelanjutan di tengah pandemi, transformasi digital serta modal bisnis yang mengadopsi transisi produksi ke arah ramah lingkungan,” kata Teten dalam sambutannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.