Dark/Light Mode

Pertapreneur Aggregator Berjalan Mulus

UMKM Binaan Pertamina Raup Banyak Keuntungan

Senin, 14 November 2022 19:42 WIB
Pertapreneur Aggregator Berjalan Mulus UMKM Binaan Pertamina Raup Banyak Keuntungan

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Pertapreneur Aggregator yang sedang dilaksanakan PT Pertamina (Persero) dinilai berjalan dengan baik dan mendatangkan banyak keuntungan bagi mitra binaan UMKM yang mengikuti program tersebut.

Dimulai dari kesempatan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan kemudian adanya peluang untuk memperluas pasar (domestic to international).

Baca juga : Menpora Tegaskan Naturalisasi Pemain Hanya Jangka Pendek

“Untuk mampu bersaing di era digital, mitra binaan UMKM sangat penting memanfaatkan platform media sosial. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam hal melakukan campaign dan aktivitas promosi lainnya ke calon konsumen yang sesuai dengan target market produk tersebut. UMKM dapat pula memaksimalkan penggunaan platform marketplace sehingga dapat lebih mudah untuk menjangkau konsumen dan juga menjaga availability produk,” tutur Yohanes Dani, Head Branch Promotion Djarum, di Jakarta.

Menurut Yohanes, UMKM Indonesia sangat berpotensi menembus atau berkiprah di pasar global. Potensi tersebut terlihat dari beberapa peserta yang mengikuti program Pertapreneur Aggregator yang sudah bisa mulai merambah ke pasar internasional.

Baca juga : Petra Restaurant, Sajikan Menu Khas Jordania Pertama Di Jakarta

Dia menyarankan jika UMKM ingin menembus pasar internasional harus memiliki unique selling point, quality management system dan legal document atau sertifikasi.

Sebanyak 10 mitra binaan Pertamina akan berlaga pada babak Final Fitching Day menuju juara dan best innovation awarded di ajang Pertapreneur Aggregator pada 4 Desember 2022.

Baca juga : Menteri Teten Ajak UMKM Bermitra Dan Masuk Rantai Pasok Industri

Mereka adalah Sathya Narayana (Denara Duta Mandiri), Nurhayati Aisyah (Asia Garment Internasional), Putu Wilas (CV Natural Bali Kulkul), Intan Anastasia Amsyah (Hitara Black Garlic), Bambang Tri Mulyono (Mbah Hardjo), Ismail Marzuki (Bali Honey Republic), Agung Setiawan (CV Woodeco Indonesia), Meeta A Fauzan (CV Aamira), Ni Made Roni (Made Tea) dan Wayan Putri Antara (CV Bali Ayu Shop).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.