Dark/Light Mode

Meriahkan Side Event G20 di Bali, UMKM Binaan Pertamina Bidik Pasar Global

Kamis, 17 November 2022 17:01 WIB
Ilustrasi UMKM Binaan Pertamina di Side Event G20 di Bali. (Dok. Pertamina)
Ilustrasi UMKM Binaan Pertamina di Side Event G20 di Bali. (Dok. Pertamina)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan yang sama, Teten menyempatkan diri untuk berkunjung ke booth UMKM Pertamina dan mengapresiasi keterlibatan Pertamina dengan menghadirkan mitra binaan di Bali Collection untuk ikut memeriahkan Presidensi G20, terutama dengan menghadirkan UMKM dengan kualitas yang baik dan UMKM artisan yang sudah siap masuk ke pasar global.

“Pasca G20 ini, kita berharap bisa punya akses ke pasar negara-negara G20, maka dari itu kita harus siapkan UMKM kita, baik dari mutunya, standarisasinya lalu kapasitas produksinya,” tutur Teten.

Baca juga : Kementan Optimalisasi Lahan Pekarangan Tak Produktif

Hal senada disampaikan Susyanto, Sekretaris Kementerian BUMN yang menyampaikan rasa bangga, bahwa Pertamina memberikan dukungan kepada mitra binaannya dalam moment KTT G20 untuk membantu UMKM naik kelas dan terus maju untuk Indonesia yang lebih baik.

“Saya melihat produk-produk yang dipamerkan sangat menarik dan sudah bisa go internasional. Artinya, produk ini tidak hanya digemari di negara kita tetapi juga di negara lain,” kata Susyanto saat melihat-lihat produk binaan Pertamina.

Baca juga : UMKM Binaan Pertamina Raup Banyak Keuntungan

Future SME Village dijadikan pusat bagi para delegasi G20, untuk berkumpul dan berinteraksi serta menikmati kekayaan cipta karya terbaik nusantara yang merupakan produk terbaik dari para mitra binaan dengan aneka ragam produk fashion, kuliner dan craft.

Beragam produk siap untuk dipamerkan oleh mitra binaan Pertamina, antara lain produk Pertenunan Astini, merupakan kain tenun tradisional berupa kain songket dan endek khas Klungkung, Bali.

Baca juga : Produk Aromaterapi & Cokelat Bali UMKM Binaan LPEI, Jadi Incaran Para Delegasi G20

Proses produksi dilakukan secara manual dimana motif kain diangkat dari filosofi kerajaan Gelgel sehingga kesan klasik akan terpancar ketika digunakan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.