Dark/Light Mode

Operasikan SUTT 150 kV Malingping-Bayah

PLN Pastikan Kelistrikan Di Banten Selatan Aman

Kamis, 8 Desember 2022 19:46 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) kembali membuktikan keseriusan dalam meningkatkan keandalan kelistrikan, khususnya di Daerah Banten Selatan.

Dengan melakukan pemberian tegangan (energize) pada proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV (kilo Volt) Malingping-Bayah yang membentang di sisi selatan Kabupaten Lebak, Banten.

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung mengatakan, energize tersebut berlangsung pada Rabu (7/12), tepat pukul 20.00 WIB di site project SUTT 150 kV Malingping-Bayah.

Baca juga : Perpusnas Siapkan Rp 30 M Untuk Bangun Perpustakaan Di Bengkulu

"Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini penting karena akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Provinsi Banten," ujarnya, di Jakarta, Kamis (8/12).

Selain untuk keandalan, kata dia, proyek ini juga secara tidak langsung akan mendukung peningkatan perekonomian masyarakat. Sebab, proyeksi pertumbuhan industri baru di Provinsi Banten masih akan terus meningkat dan otomatis lapangan kerja baru akan banyak tersedia.

Lebih lanjut Octavianus menjelaskan, transmisi SUTT 150 kV Malingping-Bayah ini dibangun dengan menggunakan lahan tapak tower baru sebanyak 114 tower, dengan total panjang transmisi 38,245 kms (Kilo Meter Sirkuit).

Baca juga : Pasokan Listrik Dan BBM Di Cianjur Kembali Normal

Selain itu, sistem kelistrikan ini akan menghubungkan Gardu Induk (GI) Eksisting, yakni GI 150 kV Malingping dan GI 150 kV Bayah. Sehingga, proyek infrastruktur ketenagalistrikan ini akan meningkatkan fleksibilitas operasi dari subsistem Cilegon 1 dan 2 (Labuan - PLTGU Cilegon) dengan Subsistem Cibinong 1 dan 2 (Pelabuhan Ratu - Salak).

Octavianus menegaskan, beroperasinya proyek ini menjadi salah satu pengembangan sistem transmisi yang saling terhubung dan memperkuat sistem kelistrikan di Provinsi Banten.

"Mendapatkan pasokan daya dari PLTU Labuan dan PLTGU Cilegon, SUTT 150 kV Malingping – Bayah ini akan meningkatkan fleksibilitas operasi dari Subsistem Cilegon 1,2 - PLTU Labuan - PLTGU Cilegon serta Subsistem Cibinong 1,2 - PLTP Salak - PLTU Pelabuhan Ratu,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.