Dark/Light Mode

BPJAMSOSTEK Pluit Ajak Peserta Ciptakan Budaya Antikorupsi

Sabtu, 10 Desember 2022 13:40 WIB
Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit Husaini (kanan). (Foto: Istimewa)
Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit Husaini (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Pluit memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 bersama peserta, Jumat (9/12). Dalam kegiatan tersebut, pihak BPJAMSOSTEK mengajak peserta turut menciptakan budaya antikorupsi.

Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit Husaini mengatakan, BPJAMSOSTEK merupakan salah satu instansi Pemerintah yang komitmen dengan sikap antikorupsi. Menurut Husaini, antikorupsi merupakan budaya kerja sehari-hari.

Baca juga : BPJAMSOSTEK Pluit Daftarkan Program Perlindungan Marbot dan Ustaz

”Kami ini pengelola uang pekerja dengan nilai mencapai Rp 600 triliun lebih dalam skala nasional. Artinya, kami ini mendapat kepercayaan penuh dari pekerja untuk mengelola uang mereka. Sekali terjadi korupsi, maka habislah kepercayaan pekerja yang itu akan berdampak buruk pada program Jamsostek itu sendiri,” kata Husaini.

Menurut Husaini, setiap personel BPJAMSOSTEK sudah menyatakan komitmen antikorupsi dengan menandatangani pakta integritas. Dirinya bersyukur, pada praktiknya seluruh personel komitmen dengan sikap antikorupsinya. Hal itu dibuktikan sejauh ini tidak ditemukan kasus korupsi di lingkungannya.

Baca juga : Polisi: Keluarga Tolak Ferry Mursyidan Baldan Diautopsi

Maka dari itu, Husaini mengajak peserta maupun mitra agar sama-sama menjaga budaya antikorupsi bersama personel BPJAMSOSTEK. ”Jangan pernah memberi atau menjanjikan imbalan dalam bentuk apa pun kepada petugas kami. Sebaliknya, jangan segan-segan untuk meminta kepada petugas kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” ucap Husaini. 

Menurut Husaini, jika suatu saat peserta mengetahui praktik kecurangan petugas BPJAMSOSTEK, jangan segan-segan untuk melapor. BPJAMSOSTEK telah memiliki kanal pelaporan berupa Whistle Blowing System (WBS) untuk melaporkan perbuatan yang terindikasi pelanggaran di lingkungan BPJAMSOSTEK. 

Baca juga : Permudah Data Pasien Gempa, Pertamedika IHC Ciptakan Aplikasi MEDIFAR

Pelapor dapat mengakses aplikasi tersebut melalui wbs.bpjsketenagakerjaan.go.id, dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Dalam acara Hakordia 2022 tersebut, peserta juga mendapatkan suvenir menarik.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.