Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Kemenkeu, BSI Dorong Penerima KUR Syariah Naik Kelas

Selasa, 13 Desember 2022 19:15 WIB
Penandatangan nota kesepahaman (MOU) Kerjasama Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Program UMKM Financing Empowerment (U-FinE). (Foto: Ist)
Penandatangan nota kesepahaman (MOU) Kerjasama Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Program UMKM Financing Empowerment (U-FinE). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) siap mendampingi penerima pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) syariah agar naik kelas.

Komitmen ini diimplementasikan dalam penandatangan nota kesepahaman (MOU) Kerjasama Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Program UMKM Financing Empowerment (U-FinE).

Progam UMKM Financing Empowement (U-FinE) bertujuan untuk mendorong inklusivitas keuangan UMKM, dan mendorong nasabah penerima KUR Syariah naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi sebagai pengusaha kelas  menengah/ besar.

Baca juga : Gandeng BUMD, Bank DKI Layani Pembayaran Gaji Karyawan PAM Jaya

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan, peran BSI dan Kemenkeu akan mendorong akselerasi pembiayaan dan pendampingan UMKM. Di antaranya pelatihan, pembiayaan, pendampingan perizinan hingga pemasaran. Dari sisi BSI akan siap memberikan literasi keuangan syariah sehingga nasabah KUR BSI yang jumlahnya mencapai 221.000 dapat terdukasi dengan adanya sinergi ini. 

“Selain itu BSI dan Kemenkeu akan kolaborasi menjalankan kurasi dan identifikasi kepada UMKM yang layak naik kelas. Yakni dari mulai proses identifikasi karakteristik UMKM di daerah, pendampingan untuk pengembangan usaha,” ujar Ngatari, Selasa (13/12).

Bagi BSI, program ini akan dilaksanakan di wilayah yang memiliki KUR terbanyak di tujuh wilayah. Di antaranya  Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga : Teken Kerja Sama, BNI Dan Bank NTB Syariah Perkuat Layanan Di Daerah

Saat ini BSI juga terus mendorong nasabah KUR Syariah agar naik kelas. sehingga dari sisi akses permodalan nantinya akan mendapat lebih besar dan kapasitas  pengembangan usaha yang meluas. Tercatat hingga November 2022, BSI telah menyalurkan pembiayaan KUR Syariah sebesar Rp 12,2 triliun dengan jumlah nasabah mencapai 112 ribu orang.

Dari sisi dukungan BSI agar UMKM naik kelas juga terus dilakukan di antaranya BSI terus mendorong para pelaku usaha UMKM untuk meningkatkan kapabilitas bisnisnya dengan mendorong melalui berbagai aspek. Di antaranya berbagai terobosan telah dilakukan untuk mendukung digitalisasi UMKM dan mencapai target realisasi penyaluran usaha UMKM. 

Di antaranya pengembangan platform per trade area, mengoptimalkan peran agregator dan reseller, perluasan pasar serta peningkatan SDM, bantuan dana untuk UMKM dengan payung PEN melalui program BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), subsidi KUR, serta Modal koperasi lewat LPDB serta sinergi dengan berbagai kementerian dan BUMN yang memiliki UMKM binaan yang memiliki kualitas baik. 

Baca juga : Gagal Jantung Dekompensasi, Pele dilarikan Ke RS

BSI juga telah meluncurkan aplikasi SALAM DIGITAL yang diperuntukkan untuk UMKM. Di mana aplikasi ini bias diakses oleh pelaku UMKM yang memiliki waktu terbatas sehingga tidak sempat untuk mengajukan ke Kantor Bank BSI, melalui aplikasi ini pelaku UMKM bisa mengajukan pembiayaan secara online dan memilih lokasi kantor BSI terdekat, serta mendirikan UMKM Centre di beberapa kota serta pendampingan coaching wirausaha dengan para mentor usaha yang sudah mapan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.