Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BNI dan AFPI Dorong Percepatan Digitalisasi Pada Industri Jasa Keuangan

Kamis, 15 Desember 2022 10:45 WIB
Digitalisasi keuangan/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Digitalisasi keuangan/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) membuka satu sesi business matching, yang merupakan sinergi antar pemerintah, asosiasi, dan pelaku industri fintech untuk mendorong kemajuan dalam digitalisasi, khususnya UMKM juga bagaimana melakukan sinergi untuk suatu ekosistem. Sesi ini juga membahas fintech secara umum dan fintech landing secara khusus.

Tujuan lain digelarnya business matching adalah untuk memperkenalkan Fintech P2P Lending dengan BNI, menghubungkan Fintech P2P Lending terlisensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan BNI dan ekosistemnya. Edukasi produk BNI sebagai pendanaan institusi untuk Fintech P2P Lending, dan menciptakan sumber daya manusia kolaboratif. Acara tersebut akan diselenggarakan di Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Selasa (13/12).

Hadir pada sesi business matching Sekretaris Jenderal Co-founder dan CEO Dompet Kilat Sunu Widyatmoko, Direktur Pengaturan, Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK Tris Yulianta, dan Pemimpin Divisi Product Management BNI Teddy Wishadi.

Baca juga : Ganjar: Pernikahan Kaesang-Erina Jadi Penawar Rindu Dengan Bu Mega

Dalam acara tersebut, BNI menjelaskan evolusi layanan perbankan dalam menyambut hadirnya fintech juga inovasi produk dan solusi BNI baik yang bersifat B2B dan B2C juga ekosistemnya, seperti API Corporate, BNI Griya dan Pembukaan Rekening Digital (DOA).

Pada 10-11 November 2022, telah diselenggarakan Indonesia Fintech Summit keempat yang merupakan program unggulan dari Bulan Fintech Nasional (BFN). Acara tersebut bertujuan untuk mempertemukan para pendiri fintech lokal dan internasional, regulator, lembaga keuangan, investor, akademisi, dan pemangku kepentingan.

Acara itu membahas utama lainnya untuk membahas topik industri dan peraturan terkini, mengembangkan jejaring, serta merumuskan strategi atau aksi advokasi guna mempercepat digitalisasi pada industri jasa keuangan serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional. Bulan Fintech Nasional (BFN) 2022 akan diakhiri dengan BFN Expo dan closing ceremony yang dapat diikuti masyarakat umum secara luring di Yogyakarta.

Baca juga : BMKG Dorong Pemkab Cianjur Relokasi 9 Desa Rawan Gempa

Dalam keterangannya, Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menyampaikan, BNI telah berkolaborasi dengan Fintech dan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) sejak 2017 hingga saat ini. Kolaborasi tersebut dimulai dengan API Virtual Account dan API One Gate Payment sebagai solusi collection dan payment bagi para penyelenggara fintech. Sejak tahun ini, akan difokuskan pada perluasan kerja sama referal untuk pembukaan rekening tabungan dan kartu kredit secara digital, referral KPR BNI Griya melalui BNI DigiGriya dan kerja sama channeling.

BNI telah membentuk ekosistem bersama Fintech dan LPBBTI melalui kontrak layanan antara dua aplikasi dimulai sejak 2018 hingga bisa melayani lebih dari 300 services dan lebih dari 3.000 institusi. “Ekosistem ini diharapkan bisa memberikan solusi, baik untuk LPBBTI maupun penggunanya," ujarnya.

Okki menyatakan, dari sisi LPBBTI, solusi tersebut adalah sumber pendanaaan. Sementara, di sisi customer, bisa mempermudah membuka rekening tabungan, di mana pun dan kapan pun serta kemudahahan untuk mengajukan pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Baca juga : Tahun ini, Ganjar Pranowo Sukses Boyong 97 Perusahaan Relokasi Pabrik Ke Jateng

Okki menjelaskan, BNI sebagai perbankan konvensional bersama dengan Fintech Player akan menjadi sebuah kolaborasi terbaik dalam memberi solusi keuangan kepada customers. BNI memiliki produk dan layanan perbankan dengan jangkauan luas. Saat ini, BNI Open Banking Products di antaranya BNIDirect, Bill Payment, Debit Online, TapCash, VA Payment, Sharing Biller, dan lain-lain.

Dari sisi Fintech Player, mempunyai keunggulan dalam kelincahan sistem untuk beradaptasi dengan perubahan tren, membentuk ekosistem online, menghemat biaya operasional, memberikan kenyamanan dan ramah untuk kaum milenial. Okki melanjutkan, saat ini layanan Pembukaan Tabungan Secara Digital memungkinkan calon nasabah hanya perlu menggunakan smartphone, dan melengkapi beberapa dokumen seperti e-KTP, email, nomor telephone, untuk bisa membuka akun bank.

“Proses pembuatannya cukup singkat hanya dengan waktu 5-7 menit dan layanan tersedia dimana saja dan kapan saja. proses pembukaan tabungannya secara realtime sehingga tabungan yang dibuka langsung bisa untuk transaksi," katanya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.