Dark/Light Mode

Digitalisasi Koperasi, Aviana Gandeng KopKar Gobel-Panasonic

Jumat, 16 Desember 2022 10:10 WIB
Direktur Utama PT Aviana Sinar Abadi Panji Pramana dan Ketua Umum KopKar Gobel-Panasonic Mustar Kai. (Foto: Ist)
Direktur Utama PT Aviana Sinar Abadi Panji Pramana dan Ketua Umum KopKar Gobel-Panasonic Mustar Kai. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Aviana Sinar Abadi atau Aviana melakukan kerja sama dengan Koperasi Karyawan (KopKar) Gobel-Panasonic dalam implementasi layanan solusi koperasi. Solusi ini bertujuan mendorong digitalisasi koperasi di Indonesia, dimana masih memiliki potensi digitalisasi yang besar. 

Hadir dalam penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Direktur Utama PT Aviana Sinar Abadi Panji Pramana bersama Direktur Komersial Aviana Fajar Indrayanto, dan Ketua Umum KopKar Gobel-Panasonic Mustar Kai di Jakarta, Rabu (14/12).

Direktur Utama PT Aviana Sinar Abadi Panji Pramana menjelaskan, dalam kerjasama ini, Aviana bakal menyediakan platform aplikasi solusi koperasi yang menerapkan Total Digital Solution meliputi aplikasi whitelabel untuk koperasi, sistem e-commerce, dilengkapi juga dengan sistem POS (Point of Sales atau smart cashier), serta management allowance yang memungkinkan anggota koperasi bisa melakukan pembelanjaan produk fisik dan produk digital. Diantaranya berupa pulsa, paket data, saldo eMoney, PPOB, PLN, dan lain-lain yang bisa meningkatan pendapatan koperasi. 

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Integrasikan Data Kendaraan dengan BPH Migas dan Korlantas Polri

Fitur lainnya, kata Panji, yaitu, inventory management system yang dilakukan secara digital untuk mengurangi kesalahan pencatatan transaksi dan terintegarasi baik secara offline (e-commerce) maupun offline (POS). Pengembangan ini diharapkan dapat membawa angin segar bagi lebih dari 15 ribu anggota KopKar Gobel Panasonic. 

Aviana juga menargetkan pendapatan hingga seperempat triliun rupiah sampai akhir tahun 2023 melalui solusi ini.

"Koperasi karyawan merupakan salah satu bagian paling krusial dalam berjalannya sebuah perusahaan, dimana kami melihat masih banyak sekali pengembangan teknologi yang bisa dilakukan untuk meningkatan kesejahteraan karyawan. Untuk itu, kami akan terus gencar dalam melakukan digitalisasi koperasi sebagai salah satu misi kami di Aviana," ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (16/12).

Baca juga : Kemenperin Gandeng Korsel Kerja Sama Pengembangan SDM Industri

Direktur Komersial Aviana Fajar Indrayanto menambahkan, koperasi dari dulu sudah memiliki sistem organisasi dan loyaliti yang sangat baik melalui Sisa Hasil Usaha. "Solusi Aviana ini diharapkan akan meningkatkan minat karyawan terutama para milenial dan generasi Z dalam melakukan transaksi di koperasi yang akan memberikan keuntungan baik di koperasi itu sendiri serta anggota koperasi yang tergabung didalamnya," jelasnya.

Ketua Umum KopKar Gobel-Panasonic, Mustar Kai mengaku, sangat antusias dengan adanya kerja sama dengan Aviana ini terutama dalam membantu melakukan peningkatan kualitas operasional dari segi teknologi. 

"Kami merasa dengan adanya implementasi solusi koperasi dari Aviana, isu atau permasalahan seperti human error yang diakibatkan oleh input manual dan kesalahan-kesalahan lain dapat dibenahi. Saya berharap ini bisa menjadi awal permulaan untuk digitalisasi koperasi karyawan di seluruh Indonesia demi kesejahteraan yang lebih baik," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.